get app
inews
Aa Read Next : Cegah Perang Nuklir, Korea Utara: Kami Siap Berhadapan dengan AS

Perang Nuklir Makin Dekat? Inilah Daftar Negara Pemilik Senjata Pemusnah Massal!

Kamis, 10 Oktober 2024 | 09:24 WIB
header img
Ketegangan global meningkat dengan sembilan negara pemilik senjata nuklir, dari AS hingga Israel, memegang ribuan hulu ledak. Korea Utara menunjukkan rudal balistik antarbenua dalam latihan di Pyongyang pada 16 Maret 2023. Foto Ilustrasi/KCNA via AP

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Dunia kini berada di ambang ancaman yang lebih besar dari sebelumnya. Dengan persediaan senjata nuklir yang dimiliki oleh sejumlah negara, potensi terjadinya perang nuklir menjadi semakin nyata.

Beberapa negara seperti Rusia dan Korea Utara bahkan secara terang-terangan menyatakan akan menggunakan senjata nuklir jika kedaulatan atau keamanan nasional mereka terancam.

Mengutip Union of Concerned Scientists, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang paling menonjol dengan memiliki sekitar 5.400 hulu ledak nuklir, di mana 1.744 di antaranya telah dikerahkan dan siap digunakan. Senjata-senjata ini disimpan di kapal selam serta silo rudal bawah tanah di lima negara bagian, dan beberapa bom juga ditempatkan di pangkalan udara di Eropa.

Rusia, sebagai saingan utama AS dalam hal persenjataan nuklir, memiliki sekitar 6.000 hulu ledak, dengan 1.584 yang siap dikerahkan. Bersama-sama, senjata nuklir AS dan Rusia mencakup lebih dari 90 persen persenjataan nuklir global. Meski kedua negara pernah menyepakati perpanjangan perjanjian New START, implementasinya saat ini ditangguhkan akibat konflik Rusia-Ukraina, yang menambah ketidakpastian.

China, meskipun jumlah pastinya tidak diketahui, diperkirakan memiliki sekitar 410 hulu ledak, sementara Pentagon mengklaim jumlahnya lebih dari 500 dan terus bertambah. China juga diketahui sedang mengembangkan kekuatan nuklirnya, termasuk pembangunan silo ICBM di wilayah barat laut negara tersebut. Namun, berbeda dengan AS dan Rusia, sebagian besar hulu ledak China tidak dalam kondisi siaga, sesuai dengan doktrin nuklirnya yang tidak akan menyerang lebih dulu.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut