get app
inews
Aa Read Next : Ini Deretan Caleg Dapil 11 Pandeglang yang Lolos Jadi Wakil Rakyat di DPRD Banten

Mengungkap Kronologi Pemecatan Tia Rahmania: Suara Dipindahkan?

Jum'at, 27 September 2024 | 17:20 WIB
header img
Tia Rahmania dipecat PDIP terkait pelanggaran pemindahan suara di Banten. Bonnie Triyana gantikan Tia sebagai anggota DPR terpilih periode 2024-2029. (Foto : IG/tiarahmania_bantenofficial)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - PDI Perjuangan (PDIP) baru-baru ini memecat Tia Rahmania dari keanggotaan partai, yang berakibat pada batalnya pelantikan dirinya sebagai anggota DPR terpilih periode 2024-2029. Keputusan ini diambil setelah adanya gugatan sengketa internal yang berlangsung selama lima bulan, dipicu oleh putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten mengenai pelanggaran pemindahan suara yang diduga menguntungkan Tia.

Ketua DPP PDIP, Ronny Talapessy, menjelaskan bahwa proses pemecatan Tia didasari oleh putusan Bawaslu yang menyatakan bahwa delapan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten I telah melakukan pemindahan suara pada 13 Mei 2024, yang merugikan calon lainnya. "Ini terbukti bersalah melakukan pelanggaran pemindahan suara yang menguntungkan Saudara Tia Rahmania, dan sanksinya terhadap PPK ini adalah sanksi administrasi," ujar Ronny dalam jumpa pers pada Kamis (26/9/2024).

Kisruh ini semakin memanas ketika Tia sempat viral di media sosial akibat aksinya yang walk out saat acara Lemhannas, di mana ia mengkritik Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. Meski begitu, PDIP membantah tudingan bahwa pemecatan Tia berkaitan dengan kritik tersebut. 

Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi, menegaskan bahwa keputusan ini tidak ada hubungannya dengan kritik yang dilontarkan Tia kepada Nurul Ghufron.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut