get app
inews
Aa Read Next : Bongkar Fakta! Kaesang Datang ke KPK Bahas Jet Pribadi ke AS, Nebeng Teman atau Gratifikasi?

Bikin Malu Pejabat RI! Paus Fransiskus Pilih Naik Pesawat Komersial Bukan Jet Pribadi ke Luar Negeri

Selasa, 03 September 2024 | 12:22 WIB
header img
Paus Fransiskus akhirnya tiba di Indonesia. Foto iNews

Meskipun pesawat tersebut tidak memiliki tanda panggilan khusus seperti "Pope Force One," saat Paus berada di dalamnya, penerbangan ITA Airways menggunakan nomor penerbangan AZ4000. Untuk penerbangan ke AS, pesawat tersebut kadang-kadang disebut "Shepherd One."

Pulang dengan Penerbangan Komersial Lain

Dalam perjalanan pulang, Paus biasanya memilih maskapai penerbangan nasional negara tuan rumah atau maskapai terkemuka. Sejumlah maskapai asing seperti American Airlines, Biman Bangladesh, Avianca, dan TAP Air Portugal telah membawa Paus pulang ke Italia. Bahkan, airBaltic pernah menggunakan Airbus A220 untuk penerbangan tersebut.

Air Malta juga menyiapkan pesawat A320neo dengan konfigurasi tiga kelas khusus untuk perjalanan ini awal 2022. Jika negara tuan rumah tidak memiliki catatan keselamatan udara yang baik, maskapai nasional Italia akan kembali digunakan.

Paus Fransiskus dikenal rendah hati dan sering terbang di kelas utama atau bisnis selama kunjungan luar negeri, sementara rombongannya juga mendapat tempat di kelas utama. Anggota pers yang mengikutinya biasanya duduk di kelas ekonomi, meskipun mereka membayar tiket kelas bisnis untuk akses ke Paus. 

Selama penerbangan dengan LATAM Airlines pada 2018, Paus bahkan menikahkan pasangan pramugari yang upacara pernikahannya ditunda akibat gempa bumi. Selamat datang di Indonesia, Sri Paus!

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut