get app
inews
Aa Read Next : Ingin Ikut Andil dalam Pilkada 2024? Pendaftaran KPPS Resmi Dibuka, Ini Syaratnya

8 Poin Penting Pernyataan Anies Baswedan Usai Batal Maju di Pilkada 2024, Bakal Bentuk Partai Baru!

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 11:23 WIB
header img
8 Poin Penting Pernyataan Anies Baswedan Usai Batal Maju di Pilkada 2024. (Foto : Youtube/Anies Baswedan)

6. Sistem Politik yang Ringkih

Anies mengkritik sistem demokrasi Indonesia yang menurutnya masih rentan, terutama setelah pengalaman mengikuti proses Pemilu 2024. Anies Baswedan menyatakan, "Realitanya, sistem politik kita, demokrasi kita, masih sangat rapuh."

7. Kemungkinan Membentuk Partai Baru

Anies mengungkapkan adanya kemungkinan untuk membentuk partai baru atau organisasi masyarakat (ormas) demi menampung aspirasi perubahan. Hal ini karena menurutnya, partai yang ada saat ini telah tersandera oleh kekuasaan.

Anies Baswedan menyebutkan, "Jika masuk partai, pertanyaannya adalah partai mana yang saat ini tidak sedang terkungkung kekuasaan? Mencalonkan diri untuk jabatan saja berisiko bagi yang mengusulkannya." 

Ia mengisyaratkan kemungkinan mendirikan partai politik atau ormas baru ketimbang bergabung dengan yang sudah ada. "Jika kita perlu menyalurkan momentum perubahan yang sedang tumbuh menjadi sebuah gerakan, maka mendirikan ormas atau partai baru mungkin menjadi jalan ke depan. Kita lihat saja nanti perkembangannya."

8. Tetap di Indonesia

Anies menolak tawaran untuk berkarya di luar negeri dan menegaskan bahwa ia akan tetap berada di Indonesia serta terus berjuang bersama masyarakat untuk membuat Indonesia lebih adil dan sejahtera. Anies Baswedan menyatakan, "Saya menjawab tidak. Insya Allah tidak. Saya cinta Indonesia tanpa syarat; saya lahir di sini, dibesarkan di sini, dan saya akan berjuang di sini. Cinta saya kepada Indonesia berarti saya tidak akan meninggalkan tanah ini."

Anies Baswedan melanjutkan, "Saya tidak akan meninggalkan Indonesia dan bekerja di tempat lain hanya karena situasi yang saya hadapi. Insya Allah, ini akan tetap menjadi prinsip saya untuk melangkah maju. Tentu saja, saya akan beraktivitas di banyak tempat, tetapi basis saya akan tetap di sini, bekerja bersama-sama dengan saudara-saudara sebangsa."

Salah satu poin yang menarik perhatian adalah niatnya untuk mempertimbangkan membentuk partai baru guna menampung aspirasi rakyat yang menginginkan perubahan. Pernyataan ini menegaskan sikap Anies untuk tetap berfokus pada upaya perbaikan di dalam negeri dan kemungkinan melibatkan diri dalam gerakan politik baru di masa depan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut