get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Jawab Tudingan 'Mulyono' Jadi Biang Kerok Anies Gagal Nyalon Gubernur

Sederet Fakta Menarik Reshuffle Kabinet Jokowi, PDIP 'Diamputasi'!

Senin, 19 Agustus 2024 | 21:55 WIB
header img
Presiden Jokowi melantik beberapa pejabat usai reshuffle kabinet pada Senin (19/8/2024). Foto : Tangkapan Layar/iNews TV

3. Pengangkatan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM

Arifin Tasrif digantikan oleh Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahlil, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Investasi, kini juga disebut-sebut akan menjadi Ketua Umum Partai Golkar, menggantikan Airlangga Hartarto. Hal ini mengisyaratkan perubahan besar dalam struktur politik Indonesia menjelang Pilpres 2024.

4. Rosan Roeslani Mengisi Posisi Menteri Investasi

Posisi Menteri Investasi yang sebelumnya adalah Bahlil dan diisi oleh Rosan Roeslani. Rosan diketahui adalah Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Ini mempertegas peran penting Gerindra dan sekutunya dalam pemerintahan Jokowi menjelang akhir masa jabatannya.

5. Reshuffle untuk Mendukung Transisi Pemerintahan

Menurut pernyataan dari Istana, reshuffle ini dilakukan sebagai persiapan untuk mendukung transisi pemerintahan yang akan datang. Dengan memasukkan lebih banyak loyalis dari Partai Gerindra dan mitra koalisi, langkah ini dipandang sebagai upaya untuk memastikan bahwa pemerintahan Prabowo Subianto dapat berjalan lancar setelah Jokowi lengser.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut