get app
inews
Aa Read Next : Korsleting Listrik, Rumah Warga di Malingping Lebak Ludes Terbakar

Warga Cihara Lebak Digegerkan Kapal Asing yang Terdampar, Begini Kronologinya

Kamis, 20 Juni 2024 | 08:00 WIB
header img
Warga Desa Panyaungan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, dikejutkan dengan penemuan sebuah kapal asing tanpa nama dan tanpa awak yang terdampar di Perairan Pantai Panyaungan. Foto iNews/Eman

LEBAK, iNewsPandeglang.id Warga Desa Panyaungan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, dikejutkan dengan penemuan sebuah kapal asing tanpa nama dan tanpa awak yang terdampar di Perairan Pantai Panyaungan. Penemuan kapal ini menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan masyarakat.

Pada Selasa sore (18/6/2024), warga yang sedang beraktivitas di pantai melihat sebuah kapal yang terombang-ambing di laut sebelum akhirnya terdampar di pantai Panyaungan. Kapal tersebut tidak memiliki nama dan tidak ada tanda-tanda keberadaan awak kapal.

Setelah melihat kapal tersebut, warga segera melaporkan temuan ini kepada pihak kepolisian dan aparat desa. Tim dari Polres Lebak dan instansi terkait segera menuju lokasi untuk melakukan pemeriksaan.

Seorang saksi mata, Apang, nelayan lokal yang saat  tinggal di sebuah gubuk kecil di pantai, menjelaskan pengalamannya saat kapal tersebut terdampar. "Saya berada di gubuk kecil di pantai saat melihat kapal itu," ujarnya saat ditemui di lokasi pada Rabu (19/6/2024).

"Kemarin sore. Nggak tahu, sih, kapal dari mana. Tapi, bukan di daerah sini, kapal itu. Bukan daerah Binuangeunn, bukan daerah Pelabuhan, bukan," tambahnya.

Aparat kepolisian yang tiba di lokasi melakukan pemeriksaan terhadap kapal tersebut. Dari hasil pemeriksaan awal, ditemukan bahwa kapal tersebut tidak memiliki identitas yang jelas dan tidak ditemukan adanya awak kapal di dalamnya. Tidak ada barang-barang mencurigakan di dalam kapal, namun kondisi kapal menunjukkan tanda-tanda telah berada di laut untuk waktu yang cukup lama.

Bripka Abdul Waris dari Ditpolairud Polda Banten menjelaskan, "Kami mendapatkan laporan dari masyarakat nelayan Panyaungan bahwa ada perahu nelayan yang terdampar tanpa kru dan tanpa nama. Kami berkoordinasi dengan instansi terkait, baik dari Dinas Kelautan, Polair Pelabuhanratu, hingga Panimbang, Labuan, dan ada respon dari Satpolair Pelabuhanratu. Kapal tersebut adalah barang bukti yang telah terdampar pada hari Sabtu di daerah Pelabuhanratu dan hanyut hingga ke sini," tuturnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut