get app
inews
Aa Read Next : Terungkap! Dugaan Motif Utang Judi Online Rp150 Juta Penyebab Suami di Ciamis Nekat Mutilasi Istri

Viral Ngaku Telepon Tuhan, Sosok Mbah Benu Imam Masjid Aolia Gunungkidul Ternyata Ini

Sabtu, 06 April 2024 | 12:05 WIB
header img
Imam Masjid Aolia KH Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau lebih akrab dipanggil Mbah Benu. Foto tangkapan layar video akun X @merapi_uncover

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Sosok KH Raden Ibnu Hajar Shaleh Pranolo atau yang akrab dipanggil Mbah Benu memang menjadi perbincangan di media sosial karena pernyataannya tentang 'menelepon Allah SWT' untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1445 H sebagai pertanda Hari Raya Idul Fitri 2024. Sosok pria ini pun lansung menjadi buah bibir.

Namun, setelah pernyataannya menjadi viral, Mbah Benu mengklarifikasi maksud dari 'menelepon' Tuhan. Dia menjelaskan bahwa istilah tersebut sebenarnya merupakan bagian dari perjalanan spiritualnya dan kontak batin dengan Allah SWT. 

Mengutip unggahan dari akun @merapi_uncover, Sabtu (6/4/2024) Mbah Benu menjelaskan, "Jadi terkait pernyataan saya tadi pagi tentang istilah menelepon Gusti Allah SWT, itu sebenarnya hanya istilah. Itu sebenarnya merupakan perjalanan spiritual saya, kontak batin dengan Allah SWT," katanya.

Nah, seperti apa sosok Mbah Benu Imam Masjid Aolia Gunungkidul? 

Melansir iNews.id, sosok Mbah Benu, Imam Masjid Aolia Gunungkidul yang viral karena dikenal sebagai orang yang 'menelepon Tuhan', sebenarnya memiliki latar belakang yang menarik. Lahir dengan nama KH Raden Ibnu Hajar Shaleh Pranolo, Mbah Benu memiliki sejarah yang kaya. Ia lahir pada 28 Desember 1942 di Pekalongan dan dibesarkan di Solotiang, Maron, Purworejo.

Meskipun sempat berkuliah di Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta, Mbah Benu memilih untuk menetap di Giriharjo, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul sejak 27 Juli 1972. Ayahnya, KH Sholeh bin KH Abdul Ghani bin Kiai Yunus, merupakan seorang guru ngaji yang juga memberikan pengajaran agama kepada Mbah Benu.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut