get app
inews
Aa Read Next : Sejarah dan Asal Usul Nama Kota Rangkasbitung, Berawal dari Rumpun Bambu yang Dianggap Keramat!

7 Negara Tertua di Dunia, No 3 Ada Negeri Naga Biru di Asean

Sabtu, 30 Maret 2024 | 08:54 WIB
header img
Rel Kereta Api yang merupakan Landmark di Hanoi, Vietnam. Foto IG @hanoicapital

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Sebanyak 7 negara paling tua di Dunia menarik dibahas dalam artikel kali ini. Dari deretan negara tersebut didominasi berada di Asia salah satunya ada negara yang berada di kawasan Asean sebagai "Negeri Naga Biru".

Benua Asia memiliki sejumlah negara yang termasuk dalam kategori negara-negara tertua di dunia. Dalam PBB sendiri, terdapat lebih dari 190 negara anggota yang mewakili beragam wilayah, budaya, dan sejarah di seluruh dunia.

Melansir laman World Population Review dari  deretan negara tersebut, negara tertua diketahui sudah ada sejak 3200 SM jika dilihat dari pemerintahan terorganisir yang paling awal diketahui.  Berikut 7 Negara Paling Tua meliputi:
 
7. India
Berdiri sejak tahun 2000 SM. India memiliki sejarah yang panjang dan kompleks, dimulai dari sekitar tahun 2000 SM. India berbatasan dengan beberapa negara tetangga di Asia dan memiliki New Delhi sebagai ibu kotanya. Negara ini telah melalui banyak perubahan sepanjang sejarah mereka, tetapi keberadaan mereka sebagai entitas negara telah bertahan selama ribuan tahun.

6. Tiongkok
Berdiri sejak tahun 2070 SM. Tiongkok memiliki sejarah yang sangat panjang, dengan catatan sejarah yang dapat ditelusuri hingga ribuan tahun yang lalu. Dinasti Xia diyakini menjadi dinasti pertama di Tiongkok, berkuasa sekitar 2070 SM-1600 SM. Ibu kotanya adalah Beijing.

5. Korea Utara
Berdiri sejak tahun 2333 SM. Korea Utara didirikan sebagai sebuah negara pada tahun 2333 SM. Ibu kotanya adalah P'yongyang. Korea Utara memiliki populasi lebih dari 25 juta jiwa dan terletak di bagian utara Semenanjung Korea.

4. Armenia
Berdiri sejak tahun 2492 SM. Armenia didirikan pada tahun 2492 SM dan terletak di wilayah Kaukasus. Armenia dengan perbatasan yang berdekatan dengan Georgia di sebelah utara, Azerbaijan di sebelah timur, Turki di sebelah barat, dan Iran di sebelah selatan. Ibu kotanya adalah Yerevan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut