get app
inews
Aa Read Next : 7 Negara Tertua di Dunia, No 3 Ada Negeri Naga Biru di Asean

9 Negara dengan Penduduk Berbadan Tinggi di Dunia, Islandia Salah Satunya

Kamis, 17 November 2022 | 21:31 WIB
header img
9 Negara dengan Penduduk Berbadan Tinggi di Dunia, Islandia Salah Satunya (Foto: Fothe.slovenia.comto)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idTinggi manusia di Dunia bervariasi. Pertumbuhan dan perkembangan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh genetik saja, bisa juga perngaruh dari nutrisi dan qizi yang diperoleh dan lingkungan.

Terdapat Beberapa negara dikenal memiliki penduduk berbadan tinggi, sementara penduduk di sejumlah negara lainnya bertubuh pendek. Berikut ini daftar negara dengan manusia berbadan tinggi di dunia menurut World Population Review.

1. Islandia

Islandia merupakan negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik. Per 1 Januari 2022, populasi negara ini sebanyak 376.248, meningkat 2% dari periode sebelumnya. Pria di Islandia memiliki tinggi tubuh rata-rata 182,10 cm, sedangkan rata-rata tinggi tubuh wanitanya 168,91 cm.

2. Belanda

Di urutan pertama dalam daftar negara yang memiliki penduduk bertubuh tinggi adalah Belanda. Baik pria maupun wanita di negara yang dikenal dengan kincir angin, tulip, dan sepatu kayu ini, rata-rata tinggi tubuhnya merupakan yang tertinggi di dunia. Pria Belanda memiliki tinggi rata-rata 183,78 cm, sedangkan kaum wanitanya memiliki ukuran tinggi badan rata-rata 170,36 cm. 

Selain karena genetik, lingkungan dan nutrisi berperan penting dalam ukuran tinggi orang Belanda. 

Di Belanda, sistem kesehatan dan kesejahteraan sosialnya sangat baik. Sementara dari sisi asupan makanan, orang Belanda sangat gemar dengan produk susu. 

Menurut penelitian, produk berbahan susu yang mengandung kalsium tersebut berdampak pada tinggi tubuh mereka.

3. Montenegro

Montenegro merupakan salah satu negara yang terletak di tenggara Eropa. Negara di Balkan ini berbatasan dengan Laut Adriatik di selatan, Kroasia di barat, Bosnia dan Herzegovina serta Serbia di utara, dan Albania di selatan. 

Negara ini termasuk ke dalam negara yang penduduknya memiliki badan tinggi. Hanya berbeda sedikit dari pria Belanda, pria di Montenegro memiliki tinggi rata-rata 183,30 cm. Sedangkan rata-rata tinggi tubuh wanita Montenegro adalah 169,96 cm.

4. Bosnia dan Herzegovina

Seperti Montenegro, Bosnia dan Herzegovina juga termasuk negara di Semenanjung Balkan, di tenggara Eropa. Ukuran tubuh penduduknya terbilang tinggi. Pria di Bosnia dan Herzegovina memiliki tinggi rata-rata 182,47 cm. Sementara itu, rata-rata tinggi tubuh para wanitanya 167,47 cm.
 

 5. Denmark

Denmark merupakan negara yang terletak di utara Eropa Utara, berbatasan dengan Jerman di selatan. Tinggi badan rata-rata penduduk laki-laki Denmark 181,89 cm. Sedangkan penduduk wanitanya memiliki tinggi rata-rata 169,47 cm, tidak berbeda jauh dengan rata-rata tinggi wanita Montenegro.

6. Republik Ceko

Republik Ceko atau Czech Republic adalah sebuah negara yang berada di Eropa bagian tengah. Negara ini terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia. Republik Ceko termasuk memiliki penduduk yang bertubuh tinggi. Rata-rata tinggi pria di negara ini 181,19 cm. Sedangkan rata-rata tinggi tubuh para wanitanya 167,96 cm, sedikit lebih tinggi dari wanita di Bosnia dan Herzegovina.

7. Slovenia

Selanjutnya, ada negara Slovenia di Eropa tengah. Negara ini berada di peringkat kesembilan dalam daftar negara dengan penduduk bertubuh tinggi. Di Slovenia, postur tubuh prianya memiliki tinggi rata-rata 180,98 cm sedangkan untuk penduduk wanita memiliki tinggi rata-rata 167,20 cm.

8. Latvia

 Masih dari benua Eropa, Latvia merupakan negara yang mempunyai penduduk dengan tubuh tinggi. Pria di negara yang terletak kawasan Baltik, Eropa utara ini tingginya rata-rata 181,17 cm, tidak jauh berbeda dengan pria di Republik Ceko. Sedangkan untuk penduduk wanitanya memiliki tinggi rata-rata 168,81 cm.

9. Slowakia

Slowakia (Slovakia) merupakan negara berdaulat di Eropa tengah, pecahan Cekoslowakia. Negara yang terkurung di wilayah daratan ini berbatasan langsung dengan Polandia di utara, Republik Ceko di barat laut, Ukraina di timur, Hungaria di selatan, dan Austria di barat daya. Penduduk di Slowakia juga memiliki postur tubuh yang cukup tinggi. Tinggi rata-rata pria Slowakia 181,02 cm dan tinggi wanitanya rata-rata 167,12 cm.

Itulah 9 negara yang memiliki penduduk berbadan tinggi di Dunia. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut