get app
inews
Aa Read Next : Apa Itu Qunutan? Tradisi Makan Ketupat yang Tak Lekang oleh Zaman Saat Ramadan

Perkiraan Jadwal Malam Lailatul Qadar 2024 Kapan? Berikut Ini Penjelasannya

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:17 WIB
header img
Foto Ilustrasi istimewa

Lebih spesifik lagi, disarankan untuk mencarinya pada malam-malam ganjil dari sepuluh malam terakhir Ramadan. Mayoritas sepakat bahwa Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil di 10 malam terakhir Ramadan. 

Tanggal pasti terjadinya malam Lailatul Qadar tidak diketahui, dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun sesuai dengan kehendak dan hikmah Allah SWT. Para ulama sepakat bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyarankan untuk mencarinya pada malam-malam ganjil yang tersisa di antara sepuluh malam terakhir. Allah menyembunyikan pengetahuan tentang tanggal pasti malam Lailatul Qadar agar umat manusia tetap bersemangat mencarinya.

Sementara, pendapat Imam Syafi'i menyoroti tanggal 21 dan 23 Ramadhan, sementara mayoritas ulama lainnya mengatakan kemungkinan terjadi pada malam ke-27. Dengan demikian, malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan 2024 adalah:

- Malam ke-21 Ramadhan: 1 April 2024
- Malam ke-23 Ramadhan: 3 April 2024
- Malam ke-25 Ramadhan: 5 April 2024
- Malam ke-27 Ramadhan: 7 April 2024
- Malam ke-29 Ramadhan: 9 April 2024

Ini menunjukkan bahwa malam Lailatul Qadar kemungkinan besar jatuh pada salah satu dari malam tersebut, mengingat rekomendasi untuk mencarinya pada malam ganjil di antara sepuluh malam terakhir Ramadhan. Tetaplah berdoa dan beribadah dengan sungguh-sungguh di malam-malam terakhir Ramadan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut