get app
inews
Aa Read Next : Apa Itu Qunutan? Tradisi Makan Ketupat yang Tak Lekang oleh Zaman Saat Ramadan

Perkiraan Jadwal Malam Lailatul Qadar 2024 Kapan? Berikut Ini Penjelasannya

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:17 WIB
header img
Foto Ilustrasi istimewa

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Perkiraan jadwal malam Lailatul Qadar untuk tahun 2024 menarik diulas dalam artikel ini. Meskipun tak ada yang mengetahui pasti kapan terjadinya malam Lailatul Qadar karena menjadi rahasia Allah SWT, umat Muslim dapat memprediksinya melalui pendapat para ulama. 

Malam Lailatul Qadar merupakan salah satu malam yang paling  istimewa dalam agama Islam. Keistimewaannya terutama karena pada malam ini Al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Malam ini juga dipercaya sebagai waktu di mana Allah SWT sangat dekat dengan hamba-Nya, serta pahala amal diberikan berlipat ganda. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, dzikir, doa, dan membaca Al-Qur'an di malam Lailatul Qadar.

Malam ini juga merupakan waktu di mana doa-doa dikabulkan dan pahala amal diberikan berlipat ganda. Banyak umat Islam melakukan ibadah ekstra seperti sholat malam, dzikir, dan membaca Al-Qur'an di malam Lailatul Qadar.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam Surah Al-Qadr (97:1-5), di mana Allah menyatakan bahwa malam tersebut lebih baik dari seribu bulan.  Pada malam itu, turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan. Malam itu dipenuhi dengan kesejahteraan hingga terbit fajar.

Nah, Jadwal Malam Lailatul Qadar 2024 Kapan?, mengutip dari berbagai sumber,  Lailatul Qadar, malam istimewa dalam bulan Ramadhan, tidak memiliki jadwal pasti, tetapi umat Muslim memprediksinya berdasarkan pendapat para ulama.  Malam Lailatul Qadar terjadi pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, seperti yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut