get app
inews
Aa Read Next : Jangan Salah Langkah, Ini 7 Cara Hadapi Pasangan yang Sedang Marah

Apa Benar Merendam Handphone di Dalam Beras Bisa Menimbulkan Kerusakan? Mitos Atau Fakta!

Minggu, 18 Februari 2024 | 18:42 WIB
header img
Apa Benar Merendam Handphone di Dalam Beras Bisa Menimbulkan Kerusakan? Mitos Atau Fakta! (Dok Istimewa)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang, idHandphone merupakan benda elektronik yang rentan terhadap kerusakan, terutama akibat air. 

Ketika terkena air, banyak orang yang langsung merendam handphone di dalam beras dengan asumsi bahwa beras dapat menyerap air dan menyelamatkan handphone. 

Namun, benarkah demikian? Cek Faktanya disini!

Fakta

Beras memang dapat menyerap air. Kandungan pati dalam beras bersifat higroskopis, sehingga dapat menarik air dari benda lain.

Merendam handphone di beras dapat membantu mengeringkan bagian luar handphone. Beras dapat membantu menyerap air yang ada di permukaan handphone saja.

Namun

Merendam handphone di beras tidak dapat mengeringkan handphone tersebut, air yang masuk ke dalam hp tidak bisa dikeringkan menggunakan beras secara permanen. 

Beras dapat meninggalkan residu pada handphone. Residu beras dapat menyumbat port dan lubang speaker, serta mengganggu kinerja handphone.

Selain itu, biji beras yang mempunyai tekstur beras yang keras akan menggores layar dan body handphone dan menimbulkan kerusakan. 

Melansir dari iNews.id, Menurut Apple, merendam hp di beras justru berbahaya. 

Sebagaimana dikutip dari Metro pada Jumat (16/2/2024), Apple mengatakan bahwa merendam HP di beras bisa mengakibatkan hp rusak. 

"Jangan masukkan iPhone Anda ke dalam beras. Melakukan hal itu dapat menyebabkan partikel kecil beras merusak iPhone Anda," kata Apple dalam pernyataan resminya.

Lantas bagaimana cara mengatasi Handphone ketika basah?

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut