get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Waspada! Banjir Rob Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan Akibat Fase Bulan Baru

Minggu, 14 Januari 2024 | 11:56 WIB
header img
Banjir Rob Terjang Kawasan Wisata Kuliner Batako Pandeglang, Lapak Pedagang Rusak. Foto dok. iNewsPandeglang.id

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat pesisir, terutama para nelayan, agar waspada menghadapi potensi banjir ROB akibat fase New Moon yang berdampak pada ketinggian pasang air laut. Peringatan dini BMKG tersebut berlaku sepekan ke depan.

Melansir laman web BPBD Lebak, Sabtu (13/1/2024) Peringatan terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah wilayah menekankan pentingnya kewaspadaan dan pemantauan perkembangan cuaca. Pastikan untuk mengikuti informasi resmi dari BMKG dan mematuhi himbauan serta petunjuk yang diberikan oleh pihak berwenang setempat.

Peringatan dari BMKG mengenai fenomena Bulan Baru (New Moon)  pada 11 Januari 2024 dan potensi banjir Rob (Robban) di wilayah pesisir pantai, khususnya di Kabupaten Lebak, Banten.

Situasi seperti ini dapat meningkatkan ketinggian pasang air laut secara signifikan, berpotensi menyebabkan banjir Rob yang dapat berdampak pada berbagai aktivitas di wilayah pesisir, seperti bongkar muat pelabuhan, pemukiman, tambak garam, perikanan darat, dan nelayan.

Berdasarkan prediksi global, regional dan probalistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di beberapa wilayah Indonesia.  Wilayah yang disebutkan, seperti Sumatera Barat (sumbar), Riau, Kepulauan Riau (kep. riau), Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan (sumsel), Kepulauan Bangka Belitung (kep. bangka belitung), Lampung, Banten, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat (kalbar), Kalimantan Selatan (kalsel), Kalimantan Tengah (kalteng), Sulawesi Tengah (sulteng), Sulawesi Selatan (sulsel), Sulawesi Tenggara (sultra), Sulawesi Barat (sulbar), Maluku Utara (malut), Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut