get app
inews
Aa Read Next : Keliling Kantor Setda, Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti Pesan Tingkatkan Disiplin Pegawai

Warga Miskin Banten Tak Bisa Lagi Berobat Pakai SKTM di RSUD Banten dan Malingping

Rabu, 10 Januari 2024 | 22:36 WIB
header img
RSUD Malingping, Lebak, Banten. Foto SINDONews

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Mulai Januari 2024, masyarakat Banten yang tidak mampu dan belum memiliki BPJS Kesehatan tidak dapat lagi berobat menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Aturan ini diterapkan sebagai bagian dari Program Pembiayaan Pasien SKTM dengan BPJS Kesehatan di RSUD Banten dan Malingping.

Sebagai gantinya, masyarakat yang ingin mendapatkan jaminan kesehatan diharapkan menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Provinsi Banten dengan memenuhi persyaratan tertentu. Perubahan ini dilakukan dalam upaya memberikan jaminan kesehatan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 900/6038/Kes-Yan/XII/2023 pada 27 Desember 2023 yang ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti di Serang, Banten.

Dalam surat tersebut menyebutkan, pembiayaan pasien tidak mampu dialihkan ke BPJS Kesehatan sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Provinsi Banten. 

"Dalam upaya memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat Provinsi Banten sesuai dengan Undang-Undang No. 17 Tahun 2023 tentang kesehatan dan Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, kami sampaikan bahwa mulai tanggal 1 Januari 2024, pembiayaan pasien tidak mampu akan dialihkan ke BPJS Kesehatan sebagai peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) APBD Provinsi Banten," tulis keterangan itu dikutip Rabu, (10/1/2024).

Dijelaskannya, persyaratan termasuk menjadi warga masyarakat Banten, memiliki SKTM yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang, belum memiliki jaminan kesehatan, dan bukan peserta JKN Mandiri yang menunggak. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut