get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Banten 2 Mei 2024 : Hujan Sedang-Lebat di Sejumlah Wilayah di Siang/Sore Hari, Ini Lokasinya

Kepala BMKG Sebut Penyeberangan di Pelabuhan saat Nataru Kondusif, Tidak Ada Gangguan Tropis

Senin, 25 Desember 2023 | 17:50 WIB
header img
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur, untuk meninjau kesiapan menghadapi momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada tanggal 25 Desember 2023. Foto BMKG

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyampaikan  mengenai kondisi cuaca yang kondusif di wilayah Indonesia bagian selatan khatulistiwa menjadi berita positif untuk aktivitas penyeberangan. Tidak hanya itu, ketidakadaan gangguan tropis juga menambah keyakinan bahwa situasi ini akan berlangsung stabil hingga awal dan akhir tahun 2024.

Dwikorita Karnawati mengungkapkan informasi tersebut saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur, untuk meninjau kesiapan menghadapi momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada tanggal 25 Desember 2023.

BMKG menegaskan bahwa tidak ada gangguan tropis tambahan, menjadikan cuaca di Laut Jawa, Selat Bali, dan Nusa Tenggara kondusif. Tidak adanya pembentukan awan hujan di wilayah selatan khatulistiwa juga berkontribusi pada minimnya curah hujan atau bahkan ketiadaannya.

"Kami pantau juga tidak ada gangguan tropis lainnya, sehingga cuaca di Laut Jawa, Selat Bali, dan Nusa Tenggara cukup kondusif. Awan-awan hujan tidak terbentuk di wilayah selatan khatulistiwa sehingga membuat curah hujan tidak ada atau sangat berkurang," katanya seperti dikutip dari iNews.id, Senin (25/12/2023).

Dwikorita Karnawati menjelaskan bahwa kondisi cuaca tersebut dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik di Laut Cina Selatan dan perairan Belitung. Ini menciptakan kondisi yang kondusif di wilayah selatan khatulistiwa, sementara wilayah utara garis khatulistiwa seperti Sumatera, Aceh, dan Kalimantan diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas beragam, dari ringan hingga ekstrem.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut