get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Komitmen Peduli Lingkungan dan Masyarakat, PT TCI Pekerjakan 50 Warga Lokal

Warga Pelihara Monyet, Diduga Jadi Penyebab Monyet Hutan Berkeliaran hingga Lukai Bayi di Lebak

Sabtu, 09 Desember 2023 | 13:17 WIB
header img
Monyet liar di Desa Parungsari, Kecamatan Wanasalam, Lebak, Banten, meresahkan warga karena bayi berusia 1 bulan sudah jadi korban hingga luka parah pada Selasa (5/12/2023). Foto tangkapan layar media sosial

Tuwuh mengaku pihaknya sudah mensosialisasikan  kepada warga agar tidak memelihara monyet karena dampak secara kesehatan juga itu kan sangat berbahaya karena mengandung rabies hepatitis dan lain sebagainya. Terus kami juga dapat saya sampaikan bahwa satwa tersebut atau monyet tersebut termasuk  satwa yang tidak dilindungi. Jadi masyarakat masih bisa memelihara, namun kami menyarankan bahwa alangkah lebih baiknya jangan, karena menyangkut kesehatan dan berbahaya 

Tuwuh menyatakan bahwa pihaknya telah mensosialisasikan kepada warga agar tidak memelihara monyet, mengingat dampak kesehatan yang berbahaya, termasuk risiko rabies, hepatitis, dan lainnya. Meskipun monyet tersebut termasuk satwa yang tidak dilindungi, disarankan kepada masyarakat untuk tidak memeliharanya demi keamanan dan kesehatan mereka.

Tuwuh menegaskan, BKSDA dapat mengambil langkah-langkah lebih tegas, termasuk penyitaan monyet-monyet peliharaan yang ada di kawasan Lebak, Banten, untuk melindungi keselamatan dan kesehatan masyarakat. Langkah ini bisa menjadi tindakan pencegahan serius terhadap potensi risiko yang lebih besar.

"lya. Jadi kami akan turun ke lapangan untuk mengevakuasi dan mengamankan monyet yang ada di warga tersebut," katanya tegas.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut