get app
inews
Aa Read Next : 2 Pekerja Tambang Batu Bara di Bayah Lebak Masih Terjebak, Lubangnya Ada Gas Asam

Jelang Hari Pohon se-Dunia, SMAN 1 Cimarga Lebak Gelorakan Penghijauan dengan Tanaman Multiguna

Minggu, 15 Oktober 2023 | 13:09 WIB
header img
Kepala Sekolah SMAN 1 Cimarga, Lebak, Banten Dini Pitria bersama Civitas sekolah melaksanakan program penghijauan lingkungan sekolah sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan menjelang peringatan Hari Pohon se-dunia (World Tree Day). Foto dok. pribadi

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Menjelang Hari Pohon se-dunia (World Tree Day) SMAN 1 Cimarga, Lebak, Banten melaksanakan gerakan penanaman pohon program penghijauan lingkungan sekolah sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Kepala Sekolah SMAN 1 Cimarga Dini Pitria menjelaskan bahwa pada 2023 ini , tepat 9 tahun dari gerakan menanam pohon dalam rangka menyambut Hari Pohon Se-Dunia yang akan jatuh pada 21 November 2023 SMAN 1 Cimarga juga terus berkomitmen menjaga dan memelihara, serta menambah pohon baru agar tetap hijau di bumi mengurangi pemanasan global belakangan ini kian masih terjadi.


SMAN 1 Cimarga, Lebak, Banten melaksanakan program penghijauan lingkungan sekolah sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan menjelang peringatan Hari Pohon se-dunia (World Tree Day). Foto dok. pribadi

 

Selain menanam langsung di area sekolah, juga disediakan bibit yang akan didistribusikan ke kantor-kantor, sekolah, Kecamatan, desa-desa agar serentak untuk bisa menanam pohon sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

"Saat ini kami fokus sedang menggalakan penghijauan, pohon yang kita tanam bukan saja pohon sebagai peneduh saja dan penjaga resapan air, tapi juga tanaman yang multi guna di antaranya tanaman sayuran, palawija, buah-buahan dan lainnya," ujarnya kepada iNewsPandeglang Minggu, (15/10/2023).

Hal ini sengaja lanjut dia, pihaknya lakukan agar dapat diterapkansebagai pendidikan ekstra kepada para siswa agar siswa  dapat keterampilan bercocok tanam dan bermanfaat sebagai upaya gerakan Ketahanan pangan dan dapat dijadikan pilihan usaha dimasa depan nanti.

Apalagi pada kenyataanya, tidak sedikit lingkungan yang rusak karena ulah manusia. Aktivitas penggundulan lahan yang masih selalu terjadi, tidak hanya hutan namun  juga di dekat pemukiman.

Dini berujar bahwa gerakan menanam pohon di lingkungan sekolahnya ini melibatkan semua warga sekolah mulai dari bibit yang sebagian adalah sumbangan dari para guru dan tendik serta siswa merupakan perwujudan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut