get app
inews
Aa Read Next : RSUD Kota Cilegon Gelar Beragam Perlombaan Meriahkan HUT ke-23

HUT ke-23, Mengenang Perjuangan Masyarakat di Tanah Jawara dalam Sejarah Berdirinya Provinsi Banten

Rabu, 04 Oktober 2023 | 14:49 WIB
header img
Masjid Agung Banten di Provinsi Banten. Foto Wikipedia

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Sejarah berdirinya Provinsi Banten menarik diulas dalam artikel kali ini. Di mana pada hari ini, 4 Oktober 2023, Provinsi Banten  tepat berusia 23 tahun. Provinsi Banten berada paling ujung di barat Pulau Jawa yang dulunya pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.

Provinsi Banten dikenal dengan sebutan Tanah Jawara ini merupakan provinsi yang terletak di ujung paling barat Pulau Jawa. Banten awalnya sempat menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Namun seiring dengan waktu yang berjalan dengan proses yang alot, maka pada 2000 lalu akhirnya Banten resmi sebagai provinsi.

Lantas seperti apa sejarah berdirinya Provinsi Banten yang pada 2023 ini merayakan HUT ke-23?.  Berikut ulasannya yang berhasil dirangkum dari buku "Mengawal Aspirasi Masyarakat Banten Menuju Iman Taqwa, Memori Pengabdian DPRD Banten Masa Bakti 2001-2004" serta berbagai sumber lainnya Rabu (4/10/2023).

Pasca Indonesia merdeka, masyarakat Banten menginginkan wilayah Banten khususnya agar mempunyai pemerintahan otonomi sendiri dari eks keresidenan dan memisahkan diri dari Jawa Barat.


Salah satu tokoh di balik sejarah berdirinya Provinsi Banten, Uwes Qorny. Foto Istimewa

 

Keinginan itu dipelopori oleh tokoh-tokoh spektakuler termasuk tokoh muda Uwes Qorny  dengan melakukan pergerakan perjuangan pembentukan Provinsi Banten sejak 1950-an seperti yang diberikan keistimewaan terhadap provinsi lainnya. Namun sayang, tidak mendapat tanggapan yang serius.

Pada 1963 masyarakat  Banten yang diwakili oleh Sochari Chatib, Ayip Zuchri, dan didukung oleh Gogo Sandjadiredja serta tokoh pemuda lainnya memperjuangkan kembali pendirian Provinsi Banten agar terlepas dari Jawa Barat. Akan tetapi belum juga membuahkan hasil.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut