get app
inews
Aa Read Next : Krisis Air Bersih Landa Cilegon, Warga Cari Air ke Hutan dan Harus Tunggu 3 Jam untuk 1 Galon Air

Potret Kekeringan di Cilegon, Warga Rela Antre Demi Air Bersih

Selasa, 22 Agustus 2023 | 12:02 WIB
header img
Kekeringan di Cilegon, Warga Rela Antre Demi Air Bersih. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Kemarau panjang yang terjadi akhir-akhir ini di Kota Cilegon, Banten membuat ketersediaan air bersih warga berkurang. Sebagian warga perbukitan salah satunya warga harus rela mengntre demi mendapatkan air bersih sejerigen di sumur yang cukup jauh lokasinya demi untuk minum dan memasak.

Kondisi tersebut seperti dialami oleh warga di Kampung Cipala, Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Untuk mendapatkan pasokan air bersih warga harus rela mengantre air di sumur yang terancam kering.

Sedangkan  untuk keperluan mencuci ataupun mandi, warga harus mencari alternatif lain di dalam hutan mencari sumur lainnya yang jaraknya sekitar  500 meter hingga satu setengah kilometer dari tempat tinggalnya itu.

Meski demikian, warga  harus keluar masuk hutan demi mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain jarak yang ditempuh cukup jauh ke lokasi sumber air, tak jarang warga juga harus menunggu antrean yang lama untuk mengisi jerigen untuk keperluan memasak dan minum. Tak jarang kondisi ini membuat warga harus mengantre hingga berjam-jam untuk memperoleh  air bersih.

Tampak puluhan jerigen ataupun  galon tempat penampungan air, terlihat berjejer menunggu giliran untuk dilakukan pengisian air bersih di salah satu lokasi ada mata air. Selain itu, warga juga tak bisa  langsung mengisi jerigen atau galonnya itu  secara penuh, namun  harus menunggu air  sumurnya terisi kembali.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut