get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

Mengenal Pisang Terbesar di Dunia di Papua, Batangnya 7 Kali Lipat dari Ukuran Normal

Sabtu, 08 Juli 2023 | 23:18 WIB
header img
Pisang Terbesar di Dunia Musa Ingens di Papua. Foto Istimewa

JAKARTA, iNewsPsndeglang.id - Pisang terbesar di dunia yang  ada di Papua menarik dibahas dalam artikel ini. Pohon pisang raksaaa ini batangnya bisa berukuran tujuh kali lipat dari pohon pisang yang normal.

Pohon pisang ini berada di Pegunungan Arfak, Papua Barat. Pisang raksasa ini disebut dalam bahasa lokal setempat dengan nama ndowin atau apit sepoh.

Melansir iNews.id yang mengutip dari situs Portal Informasi Indonesia, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manokwari menyebut bahwa pisang raksasa Papua ini merupakan tumbuhan endemik yang memiliki nama latin Musa ingens atau Musa ingens NW Simmonds.

Disebutkan  bahwa pisang raksasa ini,  kali pertama jadi koleksi Womersley JS dan Simmonds NW pada 22 Desember 1954 di New Guinea sebagai spesimen. Pisang tersebut disimpan sebagai spirit colection di Herbarium Kew Inggris.

Pada umumnya pohon pisang dengan  ketinggian kurang dari 5 meter, namun pisang musa ingens pohonnya bisa mencapai tinggi 25-30 meter atau setara dengan 6 sampai 7 kali lipat pisang ukuran biasa. Untuk ukuran diameter pohon pisang musa ingens hingga mencecah  95 centimeter. Bahkan sejumlah  situs web menyebut bahwa diameter batang pohon musa ingens dapat mencapai 1-2 meter.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut