get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

2 Ekor Sapi Monster dari Lebak Dibeli Presiden Jokowi, Iti Jayabaya Girang

Rabu, 28 Juni 2023 | 19:37 WIB
header img
Sapi milik peternak asal Malingping, Lebak, Banten dibeli Presiden Joko Widodo untuk korban Idul Adha 1444 Hijriyah di Banten. Foto IG@disnakesewan.lebak

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Sebanyak dua ekor Sapi milik  Saban warga Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten di beli oleh Presiden Joko Widodo untuk dijadikan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Sapi limousin berbobot masing-masing lebih dari 1 ton itu disebut 'monster'.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyatakan apresiasi dan harapannya terkait  dua ekor sapi  dibeli Presiden Jokowi tersebut semoga dapat memotivasi para peternak di Kabupaten Lebak menjadi pertanda sektor Peternakan di Lebak kian menggeliat.

"Jelas bangga. Kami harap semoga hal ini dapat memotivasi peternak lain di Kabupaten Lebak dan menjadi pertanda bahwa peternakan di Kabupaten Lebak mampu menghasilkan ternak yang berkualitas dan dapat bersaing dengan daerah lain, sektor peternakan juga di Lebak kian menggeliat," tuturnya.

Senada diungkapkan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Lebak Rahmat Yuniar mengaku bangga. Ia mengatakan, masing-masing sapi itu  jenis limosin  yang  berbobot sekitar 1,2 ton dan 1,1 ton.

"Ada dua ekor milik Pak Saban berbobot kurang lebih 1,2 ton dan 1,1 ton untuk kurban di Serang dan Karawaci Tangerang," ujarnya saat dihubungi Rabu, (28/6/2023).


Sapi Korban Jokowi untuk kurban dibeli dari Peternak asal Malingping, Lebak, Banten. Foto IG @disnakeswan.lebak

 

Menurut Rahmat, pihaknya merasa bangga lantaran sapi asal Kabupaten Lebak dapat  terpilih oleh Presiden Jokowi  untuk menjadi hewan kurban sebagai Sapi Banmas Presiden tahun 2023.

Ia memastikan sapi kurban Jokowi tersebut  sehat dan terbebas dari penyakit mulut dan kuku, Sapi Kurban Jokowi sudah menjalani pemeriksaan kesehatan serta telah mendapatkan vaksinasi.

“Hewan yang akan dibeli oleh Pak Presiden ini melewati proses yang sangat panjang, dari asal usul sapi hingga perawatannya juga perlu diperhatikan secara ekstra ketat,” katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut