get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Kadin Banten Gelar FGD untuk Sinergitas Bangun Ekosistem Industri Bambu di Lebak dan Pandeglang

Sabtu, 17 Juni 2023 | 00:23 WIB
header img
Wakil Ketua Umum Kadin Banten, Andi Dian Putra, dalam acara FGD Kadin Banten. Foto Istimewa

LEBAK, iNewsPandeglan.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banten menggelar Focus Group Discussion (FGD) pada Jumat, (16/6/2023) dengan tema Gotong Royong Membangun Ekosistem Industri Bambu”. Hal ini sebagai upaya pemberdayaan industri bambu dengan berbasis kerakyatan dan ekonomi sirkular terutama di Pandeglang dan Lebak.

Acara yang berlangsung sekitar pukul 09.30 hingga 11.45 WIB di Aula Jayabaya, Rangkasbitung, Banten ini juga digagas Kadin Indonesia Bidang Lingkungn hidup dan kehutanan dan Kadin Bidang Pengembangan Ekonomi Daerah.


Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banten menggelar Focus Group Discussion (FGD) pada Jumat, (16/6/2023). Foto Istimewa

 

Wakil Ketua Umum Kadin Banten Andi Dian Putra, mengatakan dirinya sangat mendorong sinergitas program Kadin Indonesia melalui Kadin Banten untuk membangun ekosistem industri bambu di Provinsi Banten terutama di Kabupaten Lebak dan Pandeglang. 

Apalagi pada kenyataanya, kegiatan diskusi ini bertujuan untuk berbagi inspirasi perihal potensi komoditas bambu  serta mengajak untuk sinergitss membangun ekosistem industrinya untuk menjalankan pilot project adalah di Provinsi Banten.

"Bambu seperti diketahui memiliki prospek yang cerah ke depannya. Jadi, kegiatan ini juga sebagai upaya pemberdayaan industri bambu dari hulu ke hilir dengan berbasis ekonomi kerakyatan dan ekonomi sirkular," ujar Andi.
 
Dikatakan Andi, di negara maju penggunakan bambu sudah sangat banyak karena bambu sendiri sangat mudah dibudidayakan dan banyak segala yang bisa digantikan oleh bambu tersebut baik konstruksi.

"Rumah tinggal hingga dapat mengantikan serat yang selama ini menggunakan poliester dan masih banyak lagi. Mudah-mudahan bambu ini bisa menjadi komunitas alternative untuk Banten," katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut