get app
inews
Aa Read Next : ASDP Sebut Sabtu 6 April Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Ini Kronologi Lengkap KMP Royce 1 yang Terbakar di Laut Merak dan Total Penumpang

Minggu, 07 Mei 2023 | 00:21 WIB
header img
Kapal ferry terbakar, kapal KMP Royce 1 alami kebakaran saat berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni dengan membawa total penumpang 456 orang. Foto istimewa

MERAK, iNewsPandeglang.id - Sebuah kapal ferry terbakar. Kapal yang bernama KMP Royce 1  saat berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni dengan membawa total penumpang 456 orang, tidak ada korban jiwa dalam persitiwa ini hanya sejumlah orang luka-luka, Sabtu (6/5/2023) sekitar pukul 15.08 WIB.

"Total penumpang 456 orang, 5 dirawat di Puskesmas Pulomerak dan  3 dibawa ke RSKM," ujar Estu Riyadi, Humas Basarnas Banten saat dihubungi.

Senada dengan Estu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten Adil Triyanto  mengatakan yang sama dan proses evakuasi saat ini telah selesai. Pendataan terhadap seluruh Penumpang di Dermaga 1 ASDP Merak. 

"Tim SAR Gabungan telah selesai melakukan pendataan terhadap korban selamat, dan setelah dipastikan tidak adanya korban lainnya maka Ops SAR diusulkan untuk ditutup dan unsur yang  terlibat dikembalikan kesatuannya masing-masing dengan ucapan terimakasih," katanya.

"Penyebab peristiwa itu diduga karena ada sebuah bus mengalami kebakaran di dalam kapal," sambungnya.

Sementara itu, VTS Operator Merak  Sudiman, Zaki Imam  menyampaikan terkait Acident Report KMP Royce 1 mengalami kebakaran tersebut berikut kronologi lengkapnya :

14.50 LT: VTSO mendengar informasi kebakaran dari KMP ROYCE 1, namun tidak tahu nama kapal yang menyebutkan , VTSO kembali mengecek dari monitor CCTV untuk keberadaan kapal terbakar tersebut,
Posisi kapal 05.56.252’S /105.57.401’E

14.55 LT: VTSO memastikan ke KMP Royce 1 dan ternyata berita tersebut benar KMP ROYCE 1 mengalami Kebakaran di sebelah lambung kiri.

15.10 LT : VTSO melakukan broadcast terkait kebakaran KMP ROYCE 1 kepada kapal kapal di sekitar Pelabuhan Merak 
agar mengirimkan bantuan kepada kapal tersebut.

15.17 LT : VTSO menghubungi kepanduan PCM,KB, dan Cigading terkait untuk pengiriman kapal Tunda untuk membantu  ke KMP Royce 1. Kapal tunda dari Pelindo : KT Tirtayasa III dan KT Tirtayasa IV
Serta TB dari Pertamina
TB. Rizaluta Patra 00.

15.25 LT: VTSO menghubungi LPS melalui Whatsapp 

15.28 LT: VTSO menghubungi pihak Basarnas untuk bantuan ke kapal KMP ROYCE 1

15.30 LT: VTSO memanggil LPS Merak di Ch 74 untuk memastikan kondisi kapal dan penumpang KMP. ROYCE 1 

15.37 LT: VTSO berkomunikasi dengan Kepanduan Cigading dan mengirimkan bantuan 3 kapal Tunda TB. Gunung Santri TB. Martha Venture TB. Avatar Harbour.

15.41 LT: VTSO berkomunikasi dengan TB. Gunung Santri untuk memastikan posisi dari kapal tersebut dan berangkat menuju tempat kejadian. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut