get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Subhanallah! Masjid Peninggalan Syekh Asnawi Caringin yang Dibangun 1877 Masih Berdiri Kokoh

Minggu, 26 Maret 2023 | 19:07 WIB
header img
Masjid Peninggalan Syekh Asnawi Caringin di Labuan, Pandeglang, Banten yang Dibangun 1877 Masih Berdiri Kokoh. Foto iNews/Ujang Suryana

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Masjid Agung As-Salafie peninggalan Syekh  Asnawi Bin Syekh Abdurrahman  di Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandwglang, Banten sangat menarik perhatian. Masjid bersejarah yang didirikan oleh Syekh Asnawi pada tahun1877 itu  hingga saat ini masih berdiri kokoh.

Diketahui, Syekh Asnawi lahir pada 1850 dari keluarga religius. Ayahnya bernama Syekh Abdurahman bin Syekh Afifuddin dan ibunya, Ratu Sabi’ah. Sejak usia 9 tahun berguru kepada Syekh Nawawi Al Bantani di Mekkah bersama Syekh Hasyim Asy'ari pendiri NU. Syekh Asnawi adalah ulama pejuang dalam melawan Belanda dan memimpin perang pada tahun 1926.


Masjid Agung As-Salafie Labuan Pandeglang masjid Peninggalan Syekh Asnawi Caringin, Labuan, Pandeglang. Foto Ujang Suryana

 

Sewaktu hidupnya, Syekh Asnawi merupakan tokoh pejuang melawan kolonial Belanda,  juga banyak berperan dalam penyebaran Islam. Ya, salah satu  bukti peninggalan sejarahnya itu yakni Masjid Salafiah  atau Masjid As-Salafie ini.

Model bangunannya bergaya klasik seperti halnya bangunan kuno, Masjid berbentuk segi empat dengan penyangga fondasi yang memiliki kisah unik. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, pilar pada bangunan di dalam masjid tersebut  menggunakan satu pohon Limus yang dibelah menjadi empat.

H. Ahmad Saukat Tudin yang merupakan keturunan Syekh Asnawi mengatakan bahwa masjid tersebut didirikan sekitar tahun 1877 oleh Syekh Asnawi kemudian pada 1984 mengalami pemugaran.

"Masjid Caringin ini didirikan sekitar tahun 1877. Semuanya asli tidak ada perubahan cuma cat-cat saja pernah ada pemugaran," ucapnya ketika berbincang-bincang dengan iNewsPandeglang di Masjid tersebut Minggu, (26/3/2023).

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut