get app
inews
Aa Read Next : ASDP Sebut Sabtu 6 April Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Mudik Lebaran 2023 Menhub Budi Sebut Diprediksi akan Ramai, Begini Alasannya

Jum'at, 17 Maret 2023 | 19:38 WIB
header img
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat kunjungan du Pelabuhan Merak pada Jumat, (23/1/2023). Foto istimewa/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut optimistis bahwa arus mudik Lebaran 2023 ini dapat berjalan lancar dan ramai. Kepastian tersebut menurutnya karena tahun lalu ada beberapa hal yang  kurang maksimal, jauh hari sebelum hari H pihaknya telah melakukan survey dan koordinasi dengan baik.

"Kementerian perhubungan itu melakukan research-research yang kita lakukan, jumlah yang  sekarang ini naik siginifikan," ujar Menhub  dalam kunjungan kerja di Merak pada Sabtu, (11/3/2023) lalu.

Seperti diketahui angka pemudik asal sejumlah daerah  mengalami kenaikan seperti ke Sumatera Utara diperkirakan naik 3,6 perseh atau sekitar 4,4 juta orang.

Menurutnya, data angkutan  dari 85 juta menjadi 123 juta sangat tinggi. Dari 123 juta itu didominasi oleh angkutan darat, roda empat dan roda dua. Pihaknya telah berkoordinasi dengan gubernur, korlantas, dan beberapa Dirut BUMN.

Kemudian untuk wilayah yang mengalami kenaikan signifikan  Jawa Timur 17,1 persen (21,2 juta orang). Kemudian, Jawa Tengah 15,1 persen (18,7 juta orang), Jabodetabek 14,8 persen (18,3 juta orang), Jawa Barat 12,1 persen (14,9 juta orang), 

Menhub menjelaskan alasan arus mudik diprediksi ramai mengalami kenaikan signifikan ada beberapa faktor  yaitu  tidak ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), memasuki masa pra endemi atau mendekati normal pasca pandemi covid-19, perekonomian yang semakin membaik.  Kemudian tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan dan persepsi positif dari masyarakat pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2022 lalu.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut