get app
inews
Aa Read Next : ASDP Sebut Sabtu 6 April Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Menhub Prediksi 193 Juta Warga di Tanah Air Bakal Mudik Lebaran 2024

Sabtu, 23 Maret 2024 | 13:13 WIB
header img
Menhub Budi Karya Sumadi,bersama Menko PMK Muhadjir Effendi, saat melakukan kunjungan kerja ke Terminal Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, pada Sabtu (23/3/2024). Foto iNews/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id - Kementerian Perhubungan memperkirakan sebanyak 193  juta penduduk di Tanah Air  akan melakukan mudik pada tahun ini. Hal itu sebagaimana diutarakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, saat melakukan kunjungan kerja ke Terminal Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, pada Sabtu (23/3/2024).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan pelayanan pada arus mudik di penyeberangan antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Menhub menyebutkan bahwa akan terjadi kenaikan yang sangat pesat pada arus mudik tahun ini, sebesar lima puluh persen, dengan perkiraan sekitar seratus sembilan puluh tiga juta jiwa mobilitas manusia yang melakukan perjalanan mudik di sejumlah daerah di Tanah Air. 

Menhub juga memerintahkan kepada seluruh operator penyeberangan untuk tetap siaga pada 3 hingga 6 April 2024, karena diprediksi terjadi puncak arus mudik pada tanggal tersebut.

"Pada tanggal tersebut diprediksi terjadi puncak arus mudik, jadi seluruh operator penyeberangan untuk tetap siaga," katanya.

Meskipun demikian, ia meminta kepada operator penyeberangan untuk mengoperasikan kapal-kapal besar dengan kecepatan lebih tinggi di seluruh pelabuhan untuk didahulukan, guna menghindari kepadatan dan antrean kendaraan saat hendak menyebrang.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut