get app
inews
Aa Read Next : Dede Rohana, Dewan Viral Banten Tak Gentar Hadapi Laporan Betsaida Hospital Mandiri Demi Bela Rakyat

Jelang Ramadan, Masyarakat di Lebak Banten Mulai Ziarah Makam

Senin, 13 Maret 2023 | 10:06 WIB
header img
Sepekan mennelang Ramadan tiba, masyarakat di Lebak Banten sudah mulai ziarah makam. Foto iNews TV/Iskandar Nasution

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Jelang bulan Ramadan, masyarakat di Lebak, Banten mulai mendatangi makam keluarga, untuk melaksanakan ziarah kubur. Mereka  mendatangi makam lebih awal  karena harus kembali ke tempat tinggal dan bekerja yang jaraknya cukup jauh dari makam keluarga.

Pantauan iNews di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Sorok Masjid, Desa Sukasari, Kecamatan Warunggunung, Lebak, Banten sepekan menjelang bulan puasa Ramadan ini sejumlah warga masyarakat mulai mendatangi pemakaman umum di lokasi ini.

Suja Ruja'i salah seorang keluarga yang melakukan ziarah di TPU tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sudah menjadu rutinitas mereka di saat menjelang bulan suci Ramadan."Ini sudah tradisi," ucapnya saat ditemui di Lebak baru-baru ini.

Menurutnya, untuk saat ini datang lebih awal  karena harus kembali ke tempat kerja  dan tempat tinggsl yang berada di Tangerang, Banten. Mereka juga khawatir jika berziarah di saat beberapa hari  sebelum puasa, suasana makam akan ramai yang membuatnya tidak khusyu berdo'a.

Untuk diketahui, tradisi ziarah kubur  dimaknai mengunjungi orang yang telah meninggal dunia, mereka mendoakan anggota keluarganya dengan membaca tahlil, salawat dan ayat-ayat Al Qur'an. Selain itu, warga juga tampak membersihkan  makam dari tumpukan dedaunan yang menutupi.

Tradisi ziarah kubur merupakan tradisi yang sudah berumur sangat tua, tradisi ini dilakukan dengan mengadopsi keyakinan memberikan penghormatan terhadap leluhur atau nenek moyang. Ziarah kubur juga sering dianggap sebagai medua bersilaturahim antara orang masih hidup dengan orang-orang yang sudah meninggal.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut