get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Si Hitam Buah Paling Manis di Lebak, Yuk! Intip Keseruan Panen Manggis di Cibeber

Minggu, 12 Februari 2023 | 11:15 WIB
header img
Petani Cibeber Lebak Panen Manggis . Foto iNews/Iskandar Nasution

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Salah satu buah yang berwarna hitam  paling manis di Kabupaten Lebak, Banten. Ya, buah Manggis namanya. Sejumlah petani di Desa Cibeber, saat ini tengah memanen buah yang mendongkrak pekonomian masyarakat  meski setahun sekali musim panen.

Di Desa Cibeber, Kecamatan Cibeber, Lebak, Banten dikenal juga sebagai daerah penghasil Buah Manggis. Rata-rata satu keluarga di sini memiliki 10 hingga 20 batang pohon tersebut. Selain dijadikan penghasilan sehari-hari, penjualan buah manggis mampu menyekolahkan anak-anak mereka hingga ke jenjang SMA.

Tepatnya di Kampung Cibereum, Desa Cibeber  warga bergotong royong mengumpulkan Buah Manggis. Ibu-ibu tampak semangat  mencari buah yang terjatuh dan tak jarang sesekalu mencicipi isi buah yang berwarna putih tersebut.

Kepala Desa setempat Jalu Harto menuturkan bahwa rata-rata warganya di sini memiliki 10 hingga 20 batang pohon manggis, jika dihitung dari hampir 1500 Kepala Keluarga itu artinya ada ribuan pohon manggis tumbuh di desanya.

"Buah Manggis di sini dijadikan sumber penghasilan keluarga. Panen buah manggis hanya berlaku setahun sekali, namun selama musim panen tiba warga dapat panen beberapa kali," ujarnya saat ditemui baru-baru ini.

Hasil satu kali panen dari 5 pohon berkisar Rp1 juta, jika musim panen  bisa 5 kali, maka warga memiliki penghasilan Rp5 juta. Pohon manggis di sini tidak dipelihara seperti diberi pupuk maupun pestisida. Pohon manggis tumbuh liar tanpa membutuhkan biaya perawatan.

Sementara Inang salah seorang petani di wilayah itu mengatakan  hasil panen manggis satu tahun sekali  dan dijual ke para tengkulak. Harga manggis ditentukan oleh para tengkulak.

"Buah manggis dijual ke tengkulak, harganya bisa mencapai seribu hingga lima belas ribu rupiah tergantung permintaan pasar," ucapnya.

Warga berharap kepada pemerintah agar mau bekerja sama memikirkan nasib petani manggis di sini. Jika saja harga tidak ditentukan oleh para tengkulak maka para petani bisa hidup lebih sejahtera.

Selain Buah Manggis yang bisa dikonsumsi, kulit manggis juga dikenal di luar negeri sebagai obat atau penyembuh beberapa macam penyakit. Beberapa daerah seperti di Pandeglang, Banten buah manggis di ekspor ke negeri China.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut