get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Pelajar di Lebak Keracunan Diduga Akibat Makan Nasi Uduk

Bahaya Nitrogen Cair Bikin Keracunan seperti Kasus Heboh Siswa Konsumsi Ciki Berasap di Jabar

Jum'at, 06 Januari 2023 | 12:16 WIB
header img
Ciki Berasap atau Ciki Ngebul. Foto Instagram

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Nitrogen cair yang terkandung dalam jajanan seperti Chiki berasap Nitrogen (Chiki ngebul) bisa membahayakan bahkan bisa berdampak keracunan. Seperti kasus yang heboh di wilayah Provinsi Jawa Barat yang mengalami peningkatan

Dilaporkan sebanyak 7 murid SDN 2 Ciawang, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat diduga mengalami keracunan gegara  mengonsumsi jajanan  chiki ngebul pada akhir November 2022 lalu.

Atas kejadian tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya menerbitkan  surat edaran untuk mengimbau kepada  seluruh Dinas Kesehatan (Dinkes) baik di provinsi, kabupaten/kota hingga rumah sakit agar segera melaporkan apabila  ada temuan kasus keracunan Chiki berasap nitrogen.

Hal tersebut  tertuang dalam surat edaran Kemenkes nomor SR.01.07/III.5/154/2023 perihal 'Pelaporan Peningkatan Kasus dalam Penggunaan Nitrogen Cair pada Makanan.'

Diketahui, fenomena jajanan Chiki Ngebul sendiri sebenarnya sudah populer sejak dulu. Bahkan, dulu dikenal juga dengan nama ‘Napas Naga’ dan ‘Ice Smoke’, karena uap dari Nitrogen Cair yang dihasilkan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut