get app
inews
Aa Read Next : Artis Ditinggal Pasangan di Usia Muda, Nomor 2 Kini Membesarkan 4 Anak Sendirian

Amalan untuk Mengembalikan Barang Hilang dengan Ayat Kursi, Lengkap Doa dan Keutamannya

Sabtu, 12 November 2022 | 15:54 WIB
header img
Amalan untuk Mengembalikan Barang yang Hilat dengan Ayat Kursi, Lengkap Doa dan Keutamannya Pic: Instagram/@alquranku.id

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Mendapat musibah kehilangan barang yang sangat berharga membuat hati menjadi tidak tenang.  Terdapat Cara mengembalikan barang yang hilang dengan Ayat Kursi lazim dilakukan masyarakat Muslim. Tidak baik untuk terus meratapi benda yang hilang, sebaiknya bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan ikhtiar dhahir dan batin. Salah satunya dengan mengamalkan Ayat Kursi sehabis shalat fardhu.

Sebuah amalan untuk Mengembalikan Barang yang Hilang dengan Ayat Kursi Penulis mendapat ijazah amalan Ayat Kursi sebanyak 17 kali selesai shalat fardhu. Caranya dengan menghadirkan niat yang ikhlas dan mengharap ridho Allah agar diberikan jalan dan kemudahan ketika mendapat musibah. Teks Ayat Kursi, Arab, latin beserta artinya:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Latin: Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta'khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa'u 'indahuu illai bi idznih. Ya'lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min 'ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal'aliyyul 'adhiim.

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. (QS. Al Baqarah: 255).

Amalan lain yang dilakukan agar barang yang hilang segera kembali yakni dengan membaca doa dari Sayidina Abdullah Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma. يا هادي الضال وراد الضالة اردد علي ضالتي

 بعزتك وسلطانك فإنها من عطائك وفضلك...

Yaa Haadiyad Dhoolli Wa Rooddad Dhoollati Urdud 'Alayya Dhoollatii Bi 'Izzatika Wa Shulthoonika Fa Innahaa Min 'Athoo'Ika Wa Fadhlika. Artinya: Ya Allah, Dzat yang memberi petunjuk bagi orang yang tersesat, yang mengembalikan barang yang hilang. Kembalikanlah barangku yang hilang dengan kemulyaan dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah bagian dari pemberian dan karunia-Mu’.”

Keutamaan Ayat Kursi Ayat Kursi terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 255. Dinamakan Ayat Kursi karena dalam ayat tersebut ada kalimat (kursi).  Ada beberapa nama lain selain Ayat Kursi, yaitu : A'zhomul ayaat, Sayyidatu Ayyil Qur'an, Afdholu ayyil Qur'an, Asyrofu Ayyil Qur'an.

Keutamaan doa Ayat Kursi

sebagaimana yang disebutkan dalam hadis. Rasulullah SAW telah bersabda: "Man qara'a ayatal kursi dubura kulli sholati laisa bain wa bainal jannati illa ayyamuut".

Dari Abu Umamah yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Barang siapa yang membaca ayat Kursi sehabis setiap salat fardu, maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati".

Di dalam sebuah hadis sahih, dari Rasulullah SAW disebutkan bahwa ayat Kursi merupakan ayat yang paling utama di dalam Kitabullah. Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Barang siapa yang membaca Ha-Mim surat Al-Mumin sampai kepada firman-Nya, "Ilaihil masir," dan ayat Kursi di saat pagi hari, maka ia akan dipelihara oleh keduanya hingga petang hari. Dan barang siapa yang membaca keduanya hingga petang hari, maka ia akan dipelihara berkat keduanya hingga pagi hari".

Keutamaan dari Ayat Kursi lainnya adalah sebagaimana diriwayatkan dalam kitab Addurrul Mantsur, Rasulullah bersabda:“Sesungguhnya ia (Ayat Kursi) adalah ayat yang sangat agung yang terdapat dalam Alquran.”Terdapat sebuah riwayat yang mengatakan: “Bacalah Ayat Kursi karena dapat menjaga dirimu, anak-anakmu dan tempat tinggalmu serta rumah yang ada di sekitar tempat tinggalmu.

Apabila dibaca pada pagi hari dan petang hari maka akan aman dari gangguan jin. Apabila engkau membacanya ketika engkau hendak tidur maka Allah akan menjagamu sehingga setan tidak akan mampu mendekatimu hingga pagi hari.” Demikian ulasan mengenai cara mengembalikan barang yang hilang dengan Ayat Kursi sebagai bentuk ikhtiar batin agar segera diketemukan barang tersebut.

 Wallahu A'lam

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut