get app
inews
Aa Read Next : Selain Puasa, Ini 7 Amalan Ringan Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Ramadan

3 Amalan Doa saat Kehilangan Barang Agar Cepat Kembali, Lengkap Bacaan Arab dan Artinya

Rabu, 19 Oktober 2022 | 21:12 WIB
header img
(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Saat kehilangan suatu barang dan belum saja ketemu, pasti kita panik dan segera ingin menemukannya. Dalam situasi ini selai berusaha mencari kita juga harus meminta tolong dan meminta petujukka kepada Allah SWT dengan cara berdoa.

Doa kehilangan barang agar cepat kembali dapat dijadikan ikhtiar batin jika mengalami musibah barang berharga hilang. Terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan saat kehilangan barang agar bisa cepat kembali ditemukan.

 Dikutip dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB, Sayidina Abdullah Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu di saat kehilangan barang, melakukan amalan dengan wudhu, melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat, mengucapkan syahadat dan membaca doa sebagai berikut. 3 Doa Kehilangan Barang agar Cepat Kembali, Arab, Latin dan Artinya

1. Doa Kehilangan Barang agar Cepat Kembali dari Ibnu Umar Doa kehilangan barang agar cepat kembali pertama dari Sayyidina Abdullah Ibnu Umar.

يا هادي الضال وراد الضالة اردد علي ضالتي بعزتك وسلطانك فإنها من عطائك وفضلك...

Latin: Yaa Haadiyad Dhoolli Wa Rooddad Dhoollati Urdud 'Alayya Dhoollatii Bi 'Izzatika Wa Shulthoonika Fa Innahaa Min 'Athoo'Ika Wa Fadhlika.

Artinya: Ya Allah, Dzat yang memberi petunjuk bagi orang yang tersesat, yang mengembalikan barang yang hilang. Kembalikanlah barangku yang hilang dengan kemulyaan dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah bagian dari pemberian dan karunia-Mu’.”

 2. Doa Kehilangan Barang agar Cepat Kembali dari Ulama

Dalam kitab Ahiyatul Haniyah Karya Al-Quthub Al-Habib Ali bin Hasan Al-Atthas disebutkan doa kehilangan barang agar cepat kembali dari para ulama. "Sebagian ulama berkata: Barang siapa kehilangan sesuatu lalu ia membaca (يا حفيظ) "Yaa Hafiidz" sebanyak 119 kali tanpa ditambah atau dikurang kemudian membaca bagian dari Surat Luqman ayat 16 berikut:

 يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ 

 Sebanyak 119 kali maka Allah akan mengembalikan barang yang hilang tersebut dan menjaganya. Dengan izin-Nya, barang tersebut akan kembali lagi. Jangan lupa wudhu, menghadap kiblat dan awali dengan basmalah.

3. Doa Kehilangan Barang agar Cepat Kembali dari Syekh Ja'far Al Khuldi

Doa kehilangan barang agar cepat kembali lainnya yang bisa dilakukan yakni membaca doa dari Syeh Ja'far Al Khuldi -rohimahulloh yang didapatkan dari Syeh Muzayyin Al Kabir -rohimahulloh.  Berikut bacaan doanya:

 يا جامع الناس ليوم لا ريب فيه اجمع علي ضالتي

" Yaa Jaami'an Naas Liyaumil Laa Roibaa Fiih, Ijma' 'Alayya Dhoollatii " Imam Nawawi -rohimahulloh- dalam Kitab Bustannya berkata : "Aku telah mencoba doa ini, ternyata bermanfa'at untuk mengembalikan barang yang hilang dengan segera. " Syeh Yusuf An Nabhani -rohimahulloh- dalam kitab Sa'adahnya berkata : " Aku telah mencoba doa ini berkali-kali dan ternyata benar bisa mengembalikan barang yang hilang.". 

Demikian ulasan mengenai doa kehilangan barang sesuai sunnah yang dapat diamalkan sebagai bentuk berserah diri dan tawakal kepada Allah SWT ketika kehilangan suatu barang.  Namun jika sudah berusaha dan bertawakal kepada allah tetapi barang yang hilang tersebut tidak berhasil ditemukan maka bersabarlah. Wallahu A'lam
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut