get app
inews
Aa Read Next : 5 Jenis Olahraga ini Ampuh Turunkan Lemak Dengan Cepat

9 Khasiat Kunyit Asam untuk Wanita, Atasi Nyeri Haid hingga Menurunkan Berat Badan

Jum'at, 11 November 2022 | 22:24 WIB
header img
9 Khasiat Kunyit Asam untuk Wanita, Atasi Nyeri Haid hingga Menurunkan Berat Badan (Foto: ilustrasi/TimesofIndia).

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Orang Indonesia sering mengonsumsi jamu tradisional untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Salah satu jamu yang paling terkenal adalah kunyit asam. Jenis jamu ini digemari karena memberikan sensasi rasa manis dan asam dan kehangatan pada tubuh setelah meminumnya. Terdapat Banyak manfaat kunyit asam untuk wanita. Tidak hanya mengatasi nyeri haid, minuman kunyit asam juga mampu menurunkan berat badan dan berbagai manfaat lainnya


Minuman sehat kunyit asam (Foto: Discover Indonesia)


Terlebih lagi kunyit mengandung sifat antioksidan dan antiradang. Begitu pula dengan asam jawa. Lalu, apa saja manfaat kunyit asam untuk wanita?. Mari simak informasi berikut ini.

Deretan manfaat kunyit asam untuk Wanita

1. Menurunkan gula darah

Kunyit bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan gula darah. Kemampuan antiinflamasi kunyit dan asam jawa mengurangi peradangan dan mengaktifkan hormon insulin.  Minuman kunyit asam juga melawan radikal bebas penyebab sel pankreas. Pankreas yang sehat dapat memproduksi insulin dengan baik dan menstabilkan gula darah


2. Sumber antioksidan

 Antioksidan bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Kunyit dan asam jawa mengandung fitonutrien yang berantioksidan tinggi. Sebuah studi mengungkapkan jamu kunyit asam yang baik terdiri dari 25 persen asam, 5 persen kunyit, dan 70 persen air.

 

3. Menurunkan berat

badan Apabila ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mengonsumsi jamu kunyit asam. Asam jawa mengandung senyawa kurkumin dan fitonutrien yang bersifat antioksidan dan antiradang. 

Senyawa ini membantu pengurangan resistensi insulin dan kolesterol serta kadar gula darah. Akibatnya, berat badan akan turun sekaligus mengurangi risiko obesitas. 

 4. Mengatasi nyeri haid

Perempuan seringkali mengalami rasa sakit kala datang bulan tiba. Jamu kunyit asam terbukti mampu mengatasi nyeri haid.  Senyawa kurkumin dalam kunyit berfungsi menekan produksi prostaglandin, yakni hormon yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan. Sementara itu, asam jawa mampu mengendalikan rasa sakit.

5. Mengatasi kembung

Siapa yang pernah mengalami perut kembung?. Masalah ini terjadi akibat gas yang menumpuk terlalu banyak di dalam perut. Minuman kunyit asam telah dipercaya sejak lama dapat mengatasi masalah perut kembung.  Kunyit asam bekerja mengosongkan gas dalam perut dan mencegah peradangan ringan saluran pencernaan.

6. Menghilangkan bau badan

Banyak orang khawatir karena masalah bau badan, terutama para wanita. Jangan khawatir, sering minum jamu kunyit asam akan membantu mengurangi bakteri dan jamur penyebab bau badan. Anda juga bisa menambahkan daun beluntas untuk menghilangkan bau badan lebih maksimal.

7. Memperkuat daya tahan tubuh

 Kurkumin pada kunyit melawan berbagai patogen berbahaya. Sementara asam jawa mengatur sel darah putih untuk mengatasi peradangan dan melawan berbagai bakteri dan virus. Rutin mengonsumsi minuman kunyit asam akan memperkuat daya tahan tubuh sehingga rentan sakit.

8. Membuang racun

Kunyit asam bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh. Racun-racun yang bersemayam di dalam tubuh dapat mengakibatkan sejumlah penyakit. Berbagai racun tersebut masuk ke tubuh lewat berbagai cara, antara lain polusi udara dan makanan. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah meminum jamu kunyit asam.

 9. Menjaga kesehatan kulit wajah

Sebagian besar perempuan bermasalah dengan kulit kusam dan berjerawat. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam kunyit asam akan menyehatkan kulit wajah dan menghambat timbulnya jerawat.  Selain itu, masalah penuaan dini juga akan diatasi oleh jamu kunyit asam.

Itulah 9 manfaat kunyit asam untuk Wanita, semoga bermanfaat.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut