7 Makanan Khas Perayaan Halloween dari Berbagai Negara, Memiliki Bentuk yang Unik

Wulansari Listya, Okezone
.
Selasa, 01 November 2022 | 19:18 WIB
(Foto: Twitter/BlvdRuhCity)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Perayaan Halloween dilakukan pada tanggal 31 oktober Setiap tahunnya. Halloween dirayakan oleh banyak orang di berbagai negara dengan tradisi yang berbeda-beda. Tidak hanya pesta menggunakan kostum, terdapat juga Beberapa negara bahkan memiliki makanan khasnya untuk merayakan Halloween. Seperti apa makanannya?

Mengkonsumsi makanan tradisional khas suatu negara khusus perayaan Halloween menjadi momen yang tepat untuk dinikmati. Seperti meksiko yang memiliki pan de muerto atau Irlandia yang memiliki colcannon. Masing-masing negara tersebut memiliki keunikan kulinernya tersendiri untuk memperingati Halloween.


(Foto: Eatthis)

Seperti apa makanan untuk perayaan Halloween dari berbagai negara? Berikut ini 7 makanan khas Halloween dari berbagai negara dunia yang dirangkum dari rpstranslations.wordpress.com

1. Huesos de santo (Spanyol)

Salah satunya ada makanan asal Spanyol bernama Huesos de santo atau tulang suci. Tampak seperti namanya, makanan ini berwarna putih dan berbentuk panjang yang terbuat dari marzipan (pasta almond).

Orang Spanyol biasanya menyajikan makanan ini pada sekitar Hari Semua Orang Kudus atau Día de Todos los Santos. Makanan ini juga populer di Spanyol terutama pada Hari Halloween

2. Pan de muerto (Meksiko)

Selanjutnya, Secara tradisional roti panggang ini dibuat pada hari-hari menjelang Hari Orang Mati (Día de Muertos). Makanan dengan sebutan 'roti orang mati' tersebut adalah roti gulung dengan tekstur lembut dan cita rasa yang manis.

Kadang-kadang roti ini dihiasi dengan adonan berbentuk tulang atau laba-laba di atasnya. Roti ini bahkan dimakan di samping kuburan orang yang dicintai untuk merayakan ingatan mereka.

3. Pão-por-Deus (Portugal)

Berikutnya, Pão-de-Deus atau soul cake adalah kue kecil manis berbentuk bulat. Masyarakat Portugal biasanya memakannya pada Hari Semua Orang Kudus atau Dia de Todos-os-Santos pada tanggal 1 November.

Beberapa bahan pokok dalam kue ini adalah kismis dan rempah-rempah seperti jahe, pala, kayu manis, dan tepung. Di Portugal, orang memberikan makanan ini kepada anak-anak dan orang miskin, yang pergi dari pintu ke pintu bernyanyi dan berdoa untuk orang mati. Beberapa orang mengatakan bahwa hal ini yang mungkin menjadi asal mula dari tradisi trick-or-treat.

4. Dolci dei morti (Italia)

 Makanan asal Italia ini sering disebut dengan fave dei morti atau kacang orang mati. Keluarga Italia biasanya memakan biskuit kenyal ini pada Hari Semua Jiwa atau Commemorazione dei defunti tanggal 2 November. Bahan pokok yang digunakan dalam makanan antara lain kacang almond, kacang pinus, kayu manis, dan kulit lemon.

5. Toffee apples (United Kingdom)

Camilan tradisional khas Halloween yang paling terkenal di Inggris adalah toffee apples. Makanan ini juga terkenal di Amerika Serikat dengan sebutan Candy apples (permen apel). Pada dasarnya ini adalah buah apel yang dilapisi dengan sirup gula. Terkadang makanan diberi topping seperti kacang atau hiasan manis lainnya sehingga terlihat mengunggah selera.

6. Barm brack (Irlandia)

Berikutnya ada makanan khas Irlandia yang tidak kalah populer saat perayaan Halloween. Barmbrack atau sering disingkat menjadi brack, adalah roti dengan tambahan sultana dan kismis. Biasanya makanan ini sering disajikan dengan mentega dan secangkir teh.

Makanan ini dulu terkenal dengan permainan meramal. Seperti jika mendapat isian cincin maka akan nikah dalam setahun, atau jika mendapat isian kacang polong maka tahun depan tidak menikah. Meskipun tidak dilanjutkan secara luas, produksi roti dengan isi cincin mainan masih diterapkan untuk perayaan Halloween.

7. Colcannon (Irlandia)

Tidak hanya barm brack, makanan Irlandia yang juga terkenal saat Halloween adalah colcannon. Makanan ini dibuat dari kentang tumbuk dan kangkung (atau kubis), dengan susu, mentega, garam, merica, daun bawang, dan bawang bombay.

Tradisi Halloween di Irlandia adalah menyajikan colcannon dengan cincin dan bidal tersembunyi di piring. Hadiah koin kecil seperti tiga sen atau enam sen juga disembunyikan di dalam piring.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini