6 Makanan Tradisional yang Bisa Mencegah Stunting Pada Anak, Perlu Diperhatikan!

Muhammad Sukardi
.
Senin, 17 Oktober 2022 | 21:50 WIB
Mkaann tradisional yang dapat mencegah stunting (Foto: Istimewa)

JAKARTA, inewsPandeglang.idStunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan kekurangan gizi dalam waktu yang cukup lama. Sehingga menyebabkan gangguan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Salah satu faktor terjadinya stunting, karena pada ibu hamil atau pada anak kekurangan asupan gizi yang baik. Makanan yang bergizi tidak selalu dengan harga yang mahal, dapat juga terjangkau bagi semua kalanagan

 Angka kejadian stunting di Indonesia masih tinggi yaitu 24,4 persen. Presiden Joko Widodo menargetkan di 2024 kejadian stunting bisa di bawah 14 persen.

Penurunan stunting bisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan gastronomi smart yaitu dengan mengonsumsi beraneka ragam jenis makanan tradisional bergizi seimbang pun pangan berprotein tinggi. Hal yang tak boleh dilupakan juga adalah memastikan asupan minuman cukup per hari, kurang lebih 8 gelas per hari

 

Dalam kesempatan itu juga Hindah menjelaskan beberapa jenis makanan tradisional yang membawa manfaat baik untuk mencegah stunting, antara lain:

1. Gohu ikan

Gohu ikan khas Maluku Utara jadi referensi makanan tradisional lainnya yang bisa cegah stunting. "Gohu ikan asal Maluku Utara ini dikenal juga sebagai sashimi-nya Ternate," jelas Hindah

2. Tempe

Pangan sederhana yang dibuat dari kacang kedelai ini mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya tinggi protein.

3. Selat solo

Makanan asal Solo, Jawa Tengah, ini memakai daging merah sebagai komponen pangannya. Daging merah ini perlu ditingkatkan di masyarakat kita, karena terbukti bisa cegah stunting.

4. Bekicot atau tutut atau keong

Siapa sangka kala bekicot atau keong atau tutut bisa dijadikan makanan pencegah stunting. Seafood satu ini tinggi protein. "Kami bahkan menamai makanan ini sebagai 'Escargot van Java' untuk membuatnya lebih internasional," kata Hindah.

5. Catemak Jagung

Makanan khas NTT ini juga direkomendasikan Hindah untuk cegah stunting. "Panganan ini semacam dessert yang isinya jagung, kacang tanah, kacang hijau, dan labu hijau. Sangat komplit," papar Hindah.

6. Bubur Pedas

Panganan tradisional lainnya yang dianggap efektif mencegah stunting adalah bubur pedas khas Kalimantan Barat. Makanan ini menggunakan banyak sekali jenis sayuran dan rempah-rempah, lalu dicampur dengan ikan dan kacang-kacangan. Sangat lengkap dan menyehatkan.

.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini