get app
inews
Aa Read Next : Alun-alun Pandeglang jadi Lokasi Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan

Agar Bantuan Pemerintah Tepat Sasaran, Bupati Irna Imbau Warga Pandeglang Sukseskan Regsosek 2022

Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:54 WIB
header img
Bupati Pandeglang Irna Narulita menerima kunjungan BPS Pandeglang dalam menyampaikan program Regsosek tahun 2022 di pendopo Pandeglang, Kamis (27/10/2022). Foto Istimewa

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id -  Hal  tersebut disampaikan Bupati Pandeglang Irna Narulita usai menerima kunjungan BPS Pandeglang dalam menyampaikan program Regsosek tahun 2022 di pendopo Pandeglang, Kamis (27/10/2022).

"Saya mengajak kepada masyarakat Kabupaten Pandeglang agar ikut andil mensukseskan pendataan Regsosek yang dilakukan oleh BPS Pandeglang," ujarnya.

Menurutnya, pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai reformasi sistem perlindungan sosial diperlukan  pemerintah sebagai perbaikan mekanisme pelaksanaan program perlindungan sosial untuk masyarakat.

"Dengan begitu Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan kabupaten kota, bisa mengambil kebijakan yang tepat sasaran,  misalnya untuk perlindungan sosial seperti bantuan sosial dan juga untuk pemberdayaan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pandeglang, R Achamad Widijanto mengatakan, kunjungannya kepada Bupati Irna yaitu untuk menyampaikan program pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022.

"Kami sedang melakukan pendataan regsosek, dengan pendataan ini akan menghasilkan data terpadu, tidak hanya untuk program perlindungan sosial melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah," tuturnya.

Ia juga menyebut,  BPS Pandeglang menerjunkan sekitar 1.994 orang petugas di lapangan untuk melakukan pendataan awal Regsosek  2022.

"Petugas Pendataan Lapangan (PPL) sebanyak 1.530, Petugas Pengawas Lapangan (PML) 396 orang, dan Petugas Kordinator Sensus Kecamatan (Koseska) sebanyak 68 orang," ujarnya.

Menurutnya, pendataan Regsosek merupakan pendataan kesejahteraan sosial ekonomi bagi seluruh penduduk Indonesia sebagai salah satu strategi pelaksanaan reformasi sistem perlindungan sosial.

"Tujuan dari pendataan awal Regsosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan," pungkasnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut