get app
inews
Aa Read Next : Wow! Google akan Hadirkan Teknologi Deteksi Kanker Payudara, Ini Namanya

4 Daftar Penyakit yang Disebut Sebagai Silent Killer, Tak Memiliki Gejala

Senin, 24 Oktober 2022 | 20:47 WIB
header img
(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Di dalam dunia kesehatan ada beberapa istilah penyakit yang disebut sebagai silent killer. Penyakit ini konon sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian mendadak jika tidak diketahui sejak awal. 

Penyakit silent killer merupakan penyakit yang awalnya tidak menampakkan gejala sama sekali tapi tiba-tiba dapat merenggut nyawa seseorang. Sering tejadi, penanganan yang terlambat dan bahkan baru diketahui Ketika sudah diambang kematian.


Hal ini menjadi peringatan bagi seluruh masyarakat untuk lebih hati-hati menjaga Kesehatan dan meningkatkan pengetahuan tentang penyakit-penyakit silent killer, masyarakat juga harus sadar akan pentingnya deteksi dini dan mendapatkan pengobatan yang tepat, serta mengurangi risiko komplikasi penyakit. Lantas, apa saja penyakit yang disebut sebagai silent killer? Berikut ulasannya, dikutip iNews.id dari beberapa sumber, Senin, (24/10/2022): Penyakit yang disebut sebagai silent killer:

1. Penyakit kardiovaskular

Penyakit yang disebut sebagai silent killer adalah penyakit kardiovaskular yang menyerang jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini terdiri atas penyakit jantung dan strok. Penyakit kardiovaskular adalah penyakit penyebab kematian nomor satu secara global.

Karakter penyakit ini yang kerap tak disertai gejala yang jelas menjadi salah satu faktor penting yang berkontribusi terhadap gelar tersebut. Penyebab utama penyakit jantung dan strok adalah masalah pada pembuluh darah, terutama penyumbatan yang menghalangi aliran darah menuju jantung atau otak.

2. Hipertensi

Penyakit yang disebut sebagai silent killer salah satunya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini adalah suatu keadaan di mana tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik ≥ 90 mmHg. Hipertensi sering disebut ‘the silent killer’ karena sering tanpa keluhan, sehingga penderita tidak tahu kalau dirinya mengidap hipertensi. 

3. Kanker

Penyakit yang disebut sebagai silent killer karena kerap tak terdeteksi salah satunya kanker. Hal ini karena pada fase awal penyakit kanker tidak mempunyai tanda atau gejala yang jelas, sehingga dianggap sebagai keluhan yang biasa. Pada perkembangannya, kanker terus membesar dan bahkan menyebar selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Ketika pasien merasa ada gejala yang muncul, penyakit sudah masuk tahap lanjut sehingga penanganannya sudah terlambat.

Sampai saat ini, penyebab terjadinya kanker masih belum diketahui pasti. Namun diperkirakan kanker terjadi akibat kombinasi faktor genetik dan faktor eksternal, seperti radiasi, penggunaan produk tembakau, zat kimia, serta infeksi virus, bakteri, atau parasit. Penuaan juga merupakan salah satu faktor risiko perkembangan sel kanker dalam tubuh.
 

4. Diabetes

Penyakit yang disebut sebagai silent killer membahayakan adalah diabetes. Diketahui ada dua jenis diabetes, yakni tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah jenis diabetes yang biasa dialami oleh remaja dan anak-anak. Sedangkan diabetes tipe 2 adalah yang paling sering dijumpai pada berbagai kalangan. Diabetes yang menyandang sebutan penyakit silent killer adalah diabetes melitus tipe 2. Pemicunya adalah penumpukan gula dalam darah karena masalah produksi atau penggunaan insulin oleh tubuh.

Itulah 4 penyakit yang disebut sebagai silent killer, kita harus waspada dan selalu menjaga kesehatan tubuh. 
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut