get app
inews
Aa Read Next : Terungkap! Motif Pembunuhan Janda di Penginapan Pandeglang, Pelaku Kesal Ditolak Hubungan Badan

7 Kota dengan Jumlah Janda Muda Terbanyak di Indonesia, Serang Banten salah satunya !

Senin, 24 Oktober 2022 | 12:16 WIB
header img
7 Kota dengan jumlah janda muda terbanyak di Indonesia. Foto ilustrasi Freepik (yanalya)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Maraknya kasus perceraian di Indonesia rupanya didominasi oleh pasangan muda dibawah usia 30 tahun. Dampaknya, jumlah janda muda di Indonesia turut bertambah.

Banyak hal yang menelatarbelakangi masalah perceraian di Indonesia, perselingkuhan, KDRT hingga perbedaan prinsip hidup kerap kali menjadi titik awal keretakan hubungan rumah tangga. namun faktor utama yang sering terjadi dalam perceraian adalah permasalahan ekonomi.

Diketahui, beberapa kota di Indonesia ini memiliki kasus perceraian yang sangat tinggi, bahkan jumlahnya mencapai ribuan. Itu artinya jumlah janda muda di kota - kota ini juga semakin bertambah banyak.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah daftar 7 Kota dengan jumlah janda muda terbanyak di Indonesia


1.  Brebes, Jawa Tengah

Sebelum memasuki tahun 2022, terdapat ribuan kasus perceraian di kota Brebes, Jawa Tengah. Berdasarkan informasi Pengadilan Agama setempat, ada 4.385 wanita yang baru saja menyandang status janda. Jumlah kasus tersebut terhitung sejak bukan Januari sampai November tahun 2021.

2. Majalengka, Jawa Barat

Menurut informasi pengadilan kelas 1 Majalengka, jumlah perceraian di kota ini terbilang tinggi, yaitu mencapai 3.168 perkara. Dari jumlah tersebut, hampir 50 persen penggugat merupakan pihak wanita dari pasangan muda berusia dibawah 30 tahun.

3. Garut, Jawa Barat

Pada tahun 2021 angka perceraian di kota Garut, Jawa Barat mengalami kenaikan sebesar 5% dari tahun sebelumnya. Akibatnya, ada 5.700 kasus perceraian yang ditampung oleh Pengadilan Agama setempat. Adapun penyebab dari perceraian didasari oleh faktor ekonomi, tingkat pendidikan yang rendah, dan juga masalah komunikasi.

4. Tegal, Jawa Tengah

Kota Tegal, Jawa Tengah juga memiliki angka perceraian yang terbilang tinggi. Pasalnya, pada 2020 kasus perceraian di kota ini menembus angka 3.593 kasus. Data tersebut terbagi menjadi dua kategori antara cerai talak mencapai 815 dan cerai gugat sebanyak 2.778.

5. Serang, Banten

Kota dengan jumlah janda muda terbanyak di Indonesia adalah Serang, Banten. Berdasarkan data Pengadilan Agama Serang, sebanyak 3.395  perempuan berubah satus  menjadi  janda muda di sepanjang tahun 2020. Angka perceraian yang tinggi ini didominasi oleh pasangan berusia 30 - 35 tahun. 


6. Banyuwangi, Jawa Timur

Pada setiap bulannya, Kantor Pengadilan Agama Banyuwangi menerima laporan pengajuan yang sebagian besar merupakan cerai gugat. Bahkan pada awal tahun 2021  Pengadilan Agama setempat mencatat sebanyak 4.027 kasus perceraian. Sedangkan menginjak bulan ke 4 tahun 2022 kasus perceraian di Banyuwangi telah mencapai 3.961 kasus, angka tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga akhir tahun.

7. Lamongan, Jawa Timur

Sejak adanya pandemi Covid-19 tingkat perceraian di Kota Lamongan, Jawa Timur meroket. Bahkan dalam rentang waktu 6 bulan terhitung dari bulan Januari hingga bulan Juni 2021 terdapat 1.587 pengajuan perceraian. Dalam jumlah pengajuan tersebut, sebagian besar gugatan datang dari pihak wanita. 

Itulah daftar 7 Kota dengan jumlah janda muda terbanyak di Indonesia

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut