get app
inews
Aa Read Next : Deretan Wisata yang Hits dan Bersejarah di Yordania Wajib Dikunjungi, Ada Goa Ashabul Kahfi

Mitos Pohon Jodoh di Kebun Raya Bogor, Bisa Bikin Langgeng Sampai Pernikahan

Minggu, 16 Oktober 2022 | 12:14 WIB
header img
(Foto: kmk312inkadesvira.wordpress)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idKebun raya bogor menyimpan banyak cerita unik yang hingga saat ini masih dipercaya oleh masyarakat. Kebun Raya Bogor juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Luas Kebun Raya Bogor mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kawasan ini kerap ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama saat hari  libur biasanya dipadati oleh keluarga.


(Foto: Instagram @kebunraya_id)


Seperti yang sudah disebutkan tadi, ada banyak jenis tanaman, hingga pepohonan tua di sini. Salah satunya adalah Pohon Jodoh, konon terdapat mitos sebagai asal usul keberadaanya. cerita soal pohon jodoh. Siapa pun yang berkenalan dengan pasangan lawan jenis di Kebun Raya, dipercaya hubungan mereka akan sampai ke jenjang pernikahan. Lantas, seperti apa kisah pohon jodoh di Kebun Raya Bogor yang misterius ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (15/10/2022).

Pohon Meranti dan Beringin

Bentuk pohon ini tampak seperti pasangan yang tidak mau terpisahkan, sehingga dinamakan Pohon Jodoh. Disebut Pohon Jodoh, karena ada 2 pohon yakni Meranti dan Beringin Putih yang posisinya berdekatan. Pohon Meranti yang berwarna kehitaman diibaratkan laki-laki. Sedangkan Beringin Putih atau yang batangnya berwarna putih diibaratkan perempuan. Di antara kedua pohon tersebut dulunya terdapat bangku panjang. Berdasarkan mitos yang beredar, bila ada pria dan wanita yang duduk di bangku tersebut, mereka akan menjadi sepasang kekasih. 

Jika yang datang pasangan kekasih, hubungannya akan langgeng, awet hingga sehidup semati. Menurut beberapa sumber,  pohon meranti tersebut berasal dari Sumatera. Sedangkan beringin putih berasal dari Thailand.

 Makam Ratu Galuh 
 

Adanya mitos langgengnya pasangan di Pohon Jodoh, disebut-sebut ada kaitannya dengan makam Ratu Galuh. Letaknya di dekat Pohon Jodoh, di mana itu adalah komplek makam istri Prabu Siliwangi yang konon punya kekuatan untuk menarik jodoh. Maka tak jarang, bagi wisatawan yang percaya akan mitos tersebut mereka akan berkunjung melihat Pohon Jodoh. Bahkan, berfoto bersama, berharap mitos itu jadi doa agar hubungan asmaranya tetap awet selamanya.

Pohon jodoh sudah ada sejak 1866 Sementara itu dikutip dari laman resmi Kebun Raya Bogor, Pohon Jodoh mulanya ditanam secara berdampingan pada 1866. Pohon yang satu merupakan jenis dari pohon Meranti Tembaga (Shorea leprosula Miq), sedangkan pohon yang ada disebelahnya adalah jenis dari pohon Ara Ratu (Ficus albipila (Miq.) King). Dikarenakan bentuk atau perawakannya mirip satu sama lain, maka masyarakat sekitar menyebut pohon ini sebagai Pohon Jodoh. Kedua pohon tersebut merupakan jenis pohon yang sudah langka ditemukan di Indonesia. Namun, tak hanya Pohon Jodoh saja yang menarik di Kebun Raya Bogor ini. Anda dapat menikmati wahana lainnya, khususnya menikmati keindahan dan udara sejuk di tengah-tengah hutan. Cocok lho untuk wisata edukasi, mengenalkan aneka ragam tumbuhan kepada anak-anak. Kawasan ini juga kerap dijadikan tempat olahraga, mengadakan event, hingga keseruan lainnya bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor.
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut