5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur saat Tidur Agar Lebih Nyenyak dan Nyaman

Ami Heppy S
.
Kamis, 22 September 2022 | 23:06 WIB
Ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Suka Mengorok atau mendengkur saat tidur? Ternyata Ada sejumlah cara menghilangkan ngorok saat tidur yang bisa dicoba agar tidur lebih nyenyak dan nyaman.

Ngorok atau mendengkur merupakan kondisi ketika seseorang mengeluarkan suara keras saat tidur.  Tak hanya mengganggu kualitas tidur, mendengkur juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan tertentu.  Jika kamu termasuk orang yang memiliki kebiasan ngorok saat tidur, silakan coba cara berikut ini untuk menghilangkan ngorok saat tidur.


Cara Menghilangkan Ngorok saat Tidur (Foto: Rawpixel/EE)



Cara Menghilangkan Ngorok saat Tidur


1. Menurunkan Berat Badan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih cenderung lebih sering mendengkur. Hal ini dikarenakan kelebihan lemak yang terdapat pada tubuh, ada yang bertumpuk pada saluran pernapasan sehingga rentan menghalangi saluran pernapasan.

Penumpukan lemak pada saluran pernapasan dapat menimbulkan gangguan pada orofaring (bagian dari tenggorokan) saat tidur, sehingga menyebabkan timbulnya suara dengkuran.

2. Berhenti Merokok

Merokok dapat mengiritasi selaput di hidung dan tenggorokan yang dapat menyumbat saluran udara dan menyebabkan dengkuran. Untuk itu, salah satu cara menghilangkan kebiasan ngorok saat tidur adalah dengan berhenti merokok. Itulah sejumlah cara menghilangkan kebiasan ngorok saat tidur yang dapat kamu coba. Semoga berhasil.
 

3. Mengubah Posisi Tidur

Posisi tidur kita juga bisa menjadi penyebab ngorok saat tidur. Untuk itu, cobalah mengubah posisi tidur dengan mengangkat kepala setidaknya hingga 10 cm. Hal ini untuk memudahkan pernapasan dan mendorong lidah serta rahang bergerak maju. Selain itu, cobalah tidur dalam posisi badan miring ke kanan atau ke kiri karena hal ini bisa mencegah ngorok saat tidur.

4. Angkat Kepala Tempat Tidur

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kebiasan mendengkur adalah dengan meninggikan kepala tempat tidur. Cobalah meninggikan kepala tempat tidur kamu hingga 10 cm. Hal tersebut dapat menjaga saluran udara tetap terbuka sehingga mampu membantu mengurangi dengkuran.

5. Jaga Kebersihan Kamar

Kamar yang kotor penuh debu juga bisa menjadi penyebab kamu sering mendengkur. Debu yang menumpuk di bantal dapat menimbulkan reaksi alergi penyebab ngorok.  Hal ini karena aliran udara yang melewati saluran napas menjadi terganggu sehingga membuat kamu bernapas melalui mulut. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan kamu untuk mendengkur. Untuk itu, sangat penting menjaga kebersihan kamar tidur, seperti mengganti sprei dan sarung bantal secara teratur.
 

 

Editor : Iskandar Nasution
Bagikan Artikel Ini