get app
inews
Aa Read Next : Pria Asal Pandeglang Tewas Tenggelam di Pantai Mabak Merak

Ditemukan Kuburan Massal di Kota Izium Ukraina, 440 Mayat Dikubur dalam 1 Lubang

Jum'at, 16 September 2022 | 22:11 WIB
header img
Lebih dari 440 mayat ditemukan di sebuah kuburan massal di Kota Izium, Ukraina. Foto: Dok/ Reuters.

KIEV, iNewsPandeglang.id - Sebuah kuburan massal ditemukan di kota Izium, Ukraina. Lebih dari 440 mayat ditemukan terkubur di satu lubang kuburan.

Serhiy Volbinov, kepala penyelidik polisi daerah Kharkiv, mengatakan kepada Sky News bahwa pemeriksaan forensik akan dilakukan pada setiap mayat.

"Saya dapat mengatakan itu adalah salah satu situs pemakaman terbesar di kota besar di (daerah) yang dibebaskan. 440 mayat dimakamkan di satu tempat," kata Bolvinov, Kamis (15/9/2022).

Sementara itu, Presiden Volodymyr Zelensky menyalahkan Rusia dan menyamakan penemuan itu dengan apa yang terjadi di Bucha, di pinggiran ibu kota Kiev pada tahap awal invasi pasukan Kremlin. Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh pasukan Rusia melakukan kejahatan perang di sana.

"Rusia meninggalkan kematian dimana-mana dan harus bertanggung jawab," kata Zelensky dalam pidato video.

Rusia telah berulang kali membantah menargetkan warga sipil atau telah melakukan kejahatan perang.

Sebelumnya, sekitar 1.000 orang di Kota Izium Ukraina tewas sejak Rusia melancarkan invasi enam bulan lalu. Sebanyak 80 persen infrastruktur kota termasuk sistem pemanas sentral telah hancur.

"Izium sangat menderita karena agresi Rusia," kata Anggota Dewan Kota, Maksym Strelnikov saat konferensi pers yang disiarkan televisi, Senin (12/9/2022). 

Dia menambahkan, kemungkinan jumlah korban tewas lebih dari 1.000 orang. Banyak warga tewas dan menderita akibat tak mendapat bantuan medis saat Rusia menghancurkan instansi medis di Izium pada Maret lalu. 

Menurutnya, saat ini jumlah warga kota yang tersisa sekitar 10.000 orang. Jumlah itu hanya seperlima dari populasi total sebelum invasi.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut