get app
inews
Aa Read Next : Tegas! Malaysia Larang Pemutaran Film yang Promosikan LGBT dan Islamofobia

Inspiratif, 85 TKI di Malaysia Mengikuti Prosesi Wisuda Universitas Terbuka (UT) secara Online

Minggu, 28 Agustus 2022 | 20:53 WIB
header img
Dubes Hermono foto bersama puluhan PMI di Malaysia yang berjuang meraih Gelar Sarjana di UT. Foto Ig KJRI Johor Bahru @indonesiainjb

KUALA LUMPUR, iNewsPandeglang.id Sebanyak 85 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sedang bekerja di Malaysia meraih gelar sarjana di Universitas Terbuka (UT). Meski sedang bekerja di negeri orang, namun para TKI ini juga berjuang untuk tetap bisa kuliah di tengah kesibukannya.

Prosesi wisuda Universitas Terbuka Kelompok Belajar se-Malaysia ini tentu adalah momen yang membahagiakan bagi para TKI yang sudah berjuang untuk kuliah. Belajar di waktu muda bagai mengukir di atas batu. Belajar di waktu tua bagai melukis di atas air.” Petikan lagu di era 1980-an yang dipopulerkan orkes Melayu, El Suraya, rasanya sesuai dengan semangat para mahasiswa UT Pokjar Johor yang telah banting tulang peras keringat untuk menuntaskan komitmen kuliahnya di Universitas Terbuka di Malaysia sebagaimana dikutip dari akun instagram resmi KJRI Johor Bahru @indonesiainjb Minggu, 28 Agustus 2022.

Wisudawan yang mengikuti momen bersejarah bagi setiap mahasiswa UT yang kuliah tersebut pada Minggu, 28 Agustus 2022 di KBRI Kuala Lumpur berjumlah 85 wisudawan Universitas Terbuka (UT) dari kelompok belajar Kuala Lumpur, Johor Bahru dan Penang dinyatakan sah menyandang gelar sarjana. Prosesi wisuda dilakukan secara hybrid yang diikuti oleh 42 wisudawan (secara luring) dan 43 wisudawan (secara daring).

Dalam sambutannya, Dubes Hermono menyatakan bangga dan suka cita terhadap keberhasilan mahasiswa UT di Malaysia. Belajar sambil bekerja memang tidak mudah, meski sibuk dengan pekerjaan tetapi dengan tekad baja dan semangat menggelora, para mahasiswa UT di Malaysia yang sebagian besar adalah Pekerja Migran Indonesia mampu menuntaskan ikhtiar belajar demi menggapai cita-cita yang didambakan.

“Prosesi wisuda ini membahagiakan dan menghibur hati saya. Jika hampir setiap hari, media mewartakan tentang penderitaan PMI, kali ini kita disuguhi keberhasilan PMI! Saya berharap akan makin banyak pekerja migran yang sadar akan pentingnya pendidikan,” ucap Dubes RI untuk Malaysia, Hermono sambil diiringi sorak dan tepuk tangan hadirin.

"Ya! Pendidikan adalah investasi masa depan yang tak lekang ditelan zaman. Tahniah! Gaudeamus Igitur!,"

Keberhasilan wisudawan UT ini semoga menjadi motivasi bagi para PMI di Malaysia untuk mengikuti jejak mereka dengan mengikuti kuliah di UT.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut