get app
inews
Aa Read Next : Siap Tempur! Kim Jong Un Perintahkan Militer Korut Percepat Persiapan Perang Hadapi AS

7 Negara Pengonsumsi Mi Instan Terbanyak di Dunia

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:55 WIB
header img
Mi Instan . Foto;iNews

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Pasokan Gandum yang terhambat akibat dampak Perang Rusia-Ukraina akan berdampak pada naiknya makanan berbahan gandum, salah satunya Mi.

Naiknya harga Mi diperkirakan akan dirasakan tidak hanya di Indonesia, namun juga negara lain. Pasalnya, ternyata ada negara lain yang juga dikenal sebagai pengonsumsi.

Data terbaru dari World Instant Noodles Association (WINA) mencatat daftar negara pemakan mi instan terbanyak di dunia.
Berikut tujuh negara pemakan mi instan terbanyak di dunia:

7. Filipina
Warga Filipina telah menghabiskan 4.470 juta porsi mi instan berdasarkan data WINA 2021. Jumlah ini naik dari data tahun 2019 yang berada di angka 3.850 juga porsi.

Seperti di Indonesia , warga Filipina juga menjadikan mi instan sebagai menu sehari-hari. Varian menunya juga nyaris sama, seperti, mi goreng dan mi kuah dan menambahkan beberapa campuran sayur-sayuran segar dan isian lain.

6. Amerika

Dari data WINA Tahun 2021,  di Amerika ada 5.050 juta porsi yang dikonsumsi masyarakat AS . Mi instan yang terkenal di Amerika di antaranya dari Indonesia seperti Indomie dan Mie Sedaap yang tersedia di berbagai supermarket. Tak

Bahkan beberapa waktu lalu, viral berita Warkop (Warung Kopi) milik Omar Karim yang diklaim sebagai warkop pertama di New York, AS dengan menawarkan menu ala Warkop atau Warmindo di Indonesia yaitu Indomie, Milo, Nutrisari, kopi susu aren, hingga gorengan.

5. Jepang
Jepang adalah negara pengonsumsimi terbanyak kelima di dunia dengan 5.970 juta porsi. Jumlah ini naik dari data sebelumnya yang berjumlah 5.630 juta (2019).

Menu mi instan yang tren di Jepang adalah mi instan rasa tulang babi, kaldu ayam, dan kaldu ikan dengan tambahan kecap yang manis, udon, soba, hingga mi goreng.

4. India
Data WINA juga mencatat India sebagai negara keempat pengonsumsi mi instan terbanyak dengan menghabiskan 6.730 juta porsi mi instan. Mayoritas warga India menyukai mi instan rasa kari dan ayam tikka. Mereka juga gemar menyantap mi instan rasa sup berbahan dasar sayuran dan tomat.Ada juga "Chota Packs", mi instan bungkus kecil sebagai jajanan untuk anak-anak.


3. Vietnam
Vietnam ada di urutan ketiga sebagai negara pengonsumsi mi instan terbanyak . Menurut data WINA pada 11 Mei 2021, Vietnam tercatat menghabiskan 7.030 juta porsi, dibandingkan 5.430 juta porsi di tahun 2019.

Menu Mi instan yang terkenal di Vietnam adalah rasa Tom ChuaCay (campuran udang dan rasa asam). Masyarakat Vietnam menyukai mi instan dengan tekstur yang lebih elastis dengan tambahan bawang, lemon, dan paprika pada mi instan untuk disantap.Banyak juga yang menggunakan mi beras pho, khas Vietnam.

2. Indonesia
Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan pemakan mi instan terbanyak di dunia sepanjang 2020 dengan 12.640 juta porsi.

Indonesia yang berpenduduk 270 juta jiwa ini mengenal mi instan sebagai menu masakan sehari-hari khususnya untuk anak anak pelajar dan mahasiswa yang tinggal di kost-kost-an.

merk mi instan asal Indonesia , Indomie bahkan masuk top 10 Mi Instan Terbaik Versi Koki Dunia dan direkomendasikan oleh Kritikus restoran San Francisco Chronicle, Soleil Ho, sebagai mi goreng yang memiliki rasa gurih yang kuat.

1. China dan Hong Kong
China dan Hong Kong menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan pemakan mie instan terbanyak di dunia. Dua negara di kawasan Asia ini mengonsumsi 46.350 juta porsi mi instan yang disantap sepanjang 2020.

Dua negara itu memang negara yang kaya dengan menu olahan mi, seperti bihun dan sohun .

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut