get app
inews
Aa Read Next : 7 Negara Tertua di Dunia, No 3 Ada Negeri Naga Biru di Asean

Bertebaran di Seantero Bumi, Ini Daftar 7 Negara yang Banyak Orang Indonesianya

Selasa, 19 Juli 2022 | 21:07 WIB
header img
7 Negara yang Banyak Orang Indonesianya - Malaysia (foto : Freepik)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Inilah deretan negara di dunia yang ternyata banyak orang Indonesianya. Menurut Worldmeter, jumlah penduduk Indonesia pada 2022 mencapai 273.523.615 jiwa.

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia. Tak hanya itu, penduduk Indonesia juga banyak yang telah melakukan emigrasi ke berbagai negara di dunia.

Bahkan, ada sejumlah negara yang dihuni oleh banyak orang Indonesia. Negara mana sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tujuh negara di dunia yang ternyata banyak orang Indonesianya.

Negara di Dunia yang Banyak Orang Indonesianya

1. Malaysia 

Malaysia menempati urutan pertama sebagai negara yang banyak dihuni oleh Indonesia. Diperkirakan terdapat 2,5 juta orang Indonesia yang tinggal di negeri Jiran ini.

Kebanyakan orang Indonesia bermigrasi ke Malaysia untuk bekerja atau kuliah. Meski begitu, ada juga faktor historis yang menjadi alasan banyak orang Indonesia di Malaysia. Diantaranya adalah karena perpindahan orang-orang Bugis, Jawa dan lainnya ke wilayah Kesultanan Malaka dengan tujuan berdagang. Selain itu, ada pula alasan untuk menyelamatkan diri. Seperti yang dilakukan oleh orang-orang Mandailing dan Minangkabau untuk menghindari konflik Perang Paderi.

2. Suriname

Diperkirakan sekitar 15 persen dari total populasi di Suriname merupakan migran dari Indonesia. Hal ini bermula pada masa penjajahan Belanda yang saat itu mengirimkan sekitar 90 ribu orang Indonesia ke Suriname untuk menjadi buruh tani.

Mayoritas orang Indonesia yang dikirim kesana berasal dari tanah Jawa.

3. Arab Saudi

Jumlah orang Indonesia yang menetap di Arab Saudi diperkirakan sekitar 1,5 juta orang. Mayoritas orang Indonesia yang tinggal di negara tersebut adalah untuk bekerja atau berdagang.

4. Australia

Negara di dunia yang  banyak orang Indonesianya berikutnya adalah Australia. Menurut sejarah, nenek moyang kita ternyata banyak yang sudah melakukan penjelajahan di sepanjang garis pantai Australia.

Sekitar tahun 1900-an, para pelaut Bugis dengan menggunakan kapal Pinisi pernah melakukan pelayaran hingga ke negeri Kanguru itu. Aktivitas pelayaran ini pun menjadi rutinitas tahunan.

Dari sanalah awal mula banyaknya orang Indonesia di Australia. Bahkan, di masa modern ini juga banyak orang Indonesia yang hijrah ke Australia untuk meneruskan pendidikan atau bekerja.

5. Belanda

Pada masa penjajahan Belanda dulu, banyak dari orang-orang Indonesia pindah ke Belanda karena alasan perekonomian. Tercatat, terdapat sekitar 395 ribu jiwa orang Indonesia yang tinggal di negeri kincir angin ini.

Rata-rata, mereka adalah keturunan atau bekas serdadu Koninklijk Nederlands Indisch Leger (KNIL) atau tentara Kerajaan Hindia Belanda.

6. Taiwan

Taiwan termasuk negara favorit tujuan para tenaga kerja Indonesia (TKI). Jumlah orang Indonesia di Taiwan diperkirakan sekitar 300 ribu jiwa. Jumlah tersebut bahkan mendekati 10 persen dari jumlah penduduk Taiwan secara keseluruhan.

7. Hongkong

Sama seperti Taiwan, Hong Kong juga termasuk negara tujuan para TKI untuk mengais rejeki. Diperkirakan ada sekitar 102 ribu WNI yang menetap di Hong Kong. Selain bekerja, alasan orang Indonesia datang ke Hong Kong adalah untuk meneruskan pendidikan.

Nah, itulah tujuh negara di dunia yang banyak orang Indonesianya. Mana nih, negara yang ingin kamu kunjungi?

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut