get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Berikan Bantuan Kurban Sapi untuk Provinsi Banten

Siap Menyampaikan Pesan Perdamaian ke Presiden Putin, Pertemuan Jokowi di Ukraina Disambut Hangat

Kamis, 30 Juni 2022 | 11:01 WIB
header img
(Foto istimewa/iNews.id

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menawarkan diri siap menjadi juru penyampai pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sebagaimana disampaikan oleh Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kiev, pada Rabu (29/6/2022) sore waktu setempat.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujarnya pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy usai pertemuan.

Jokowi juga menegaskan bahwa dalam hal ini posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meski masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai.

"Spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,”katanya tegas.

Lebih lanjut presiden Presiden Jokowi mengatakan mengundang secara langsung kepada Presiden Zelenskyy untuk ikut berpartisipasi dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan bulan November tahun ini di Bali.

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik,” katanya.

Sementara Presiden Zelenskyy menyambut hangat dan menyatakan apresiasinya atas kehadiran Presiden Joko Widodo ke Ukraina. Menurutnya, ini adalah kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi melanda Ukraina.

“Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang,” ucap Presiden Zelenskyy.

Untuk diketahui, pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky pada Rabu sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat, pada 29 Juni 2022.

Sebelumnya, Jokowi dan Iriana beserta rombongan terbatas tiba di Kyiv, Ukraina, pada pukul 08.50 waktu setempat. Sejam kemudian, Jokowi dan Iriana melakukan kunjungan di Kota Irpin, sekitar 30 kilometer dari Kyiv, dan meninjau reruntuhan gedung-gedung yang terdampak perang.

Jokowi dan istrinya juga secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di rumah sakit yang berada di pusat kota Kyiv tersebut.

Usai melakukan lawatannya di Ukraina, Rabu (29/06/2022), Jokowi dan Iriana beserta rombongan akan melanjutkan kunjungan ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Rombongan berangkat dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat Presiden dan rombongan menuju Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia dan dijadwalkan tiba esok hari, Kamis (30/6/2022).

Dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut