Negara-negara Ini Punya Udara Paling Tercemar, Tapi Lihat Siapa di Posisi 2, Indonesia?

Anton Suhartono
IQAir 2023 mencatat Bangladesh sebagai negara dengan polusi udara tertinggi, diikuti India. Apa dampaknya bagi kesehatan global?. (Foto Ilustrasi Freepik/rawpixel)

3. India

India, yang terkenal dengan tingkat industri dan kendaraan yang padat, berada di posisi ke-3 dengan rata-rata AQI 147. Kota dengan tingkat polusi tertinggi adalah Begusarai di Bihar, dengan AQI mencapai 195. Udara di sini sangat berbahaya, terutama bagi kelompok sensitif.

2. Pakistan

Menduduki peringkat ke-2 adalah Pakistan dengan rata-rata AQI 160. Lahore dan Punjab adalah kota-kota dengan tingkat polusi tertinggi, mencapai AQI 182. Konsentrasi PM2.5 di Pakistan 14,7 kali lebih tinggi dari standar kualitas udara WHO. Banyak yang kaget melihat tingginya tingkat polusi di sini, namun apakah Indonesia yang berada di peringkat 1?

1. Bangladesh

Dan akhirnya, di puncak daftar negara dengan polusi udara terburuk adalah Bangladesh. Negara ini mencatatkan AQI tertinggi dengan rata-rata 164. Dhaka, ibu kota Bangladesh, menyumbang AQI sebesar 168. Kualitas udara di Bangladesh jauh dari kata aman, dengan konsentrasi PM2.5 yang mencapai 16 kali lipat dari pedoman WHO.

Ternyata, Indonesia tidak masuk dalam daftar 10 besar negara dengan tingkat polusi tertinggi ini. Namun, tantangan polusi udara tetap menjadi isu penting yang perlu mendapat perhatian serius di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Meski begitu, situasi di beberapa negara di atas memberi peringatan tentang pentingnya menjaga kualitas udara demi kesehatan generasi mendatang.

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network