Viral! KTP Nenek yang Sudah Meninggal Dicatut untuk Dukung Calon Gubernur Jakarta Independen

Rizky Agustian
Ilustrasi e-KTP. Foto Istimewa

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Sebuah kejadian viral terjadi saat seorang netizen bernama Varinta Zein mengungkapkan bahwa Kartu Tanda Penduduk (KTP) neneknya yang telah meninggal dunia dicatut untuk mendukung pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur independen di Jakarta, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana.

Varinta menyampaikan hal ini melalui akun X @varzein pada Jumat (16/8/2024), di mana dia membagikan tangkapan layar yang menunjukkan nama dan NIK sang nenek, Djusmeati, yang digunakan tanpa izin. Varinta juga mengunggah foto makam neneknya sebagai bukti bahwa Djusmeati sudah meninggal dunia.

Melalui akun media sosial tersebut Varinta menyatakan kekecewaannya terhadap tindakan tidak etis tersebut."Gila ya bisa2 nya nenek gue yang orangnya udah wafat KTP nya juga ikut dicatut!" tulisnya melalui akun X @varzein, Jumat (16/8/2024).


Foto Tangkapan Layar

Tidak hanya Varinta, Bakal Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan juga melaporkan bahwa KTP dua anaknya, Mikail Baswedan dan Kaisar Baswedan, ikut dicatut untuk mendukung Dharma-Kun. Anies mengungkapkan hal ini melalui akun X @aniesbaswedan.

Menanggapi kejadian ini, anggota Bawaslu DKI Jakarta, Benny Sabdo, meminta warga yang merasa dicatut identitasnya untuk mendukung calon independen agar melapor ke Bawaslu DKI Jakarta. Warga diminta membuat laporan resmi dengan datang langsung ke kantor Bawaslu DKI.

"Kemarin KPU DKI Jakarta menetapkan verifikasi persyaratan dukungan minimal Calon Gubernur/Wakil Gubernur independen yang  dinyatakan memenuhi syarat," ungkap Benny saat dikonfirmasi, Jumat (16/8/2024).

"Andaikata ada masyarakat merasa dicatut namanya padahal tidak memberikan dukungan,  silakan melapor kepada Bawaslu DKI Jakarta," 

Sementara itu, KPU DKI Jakarta telah menyatakan bahwa pasangan Dharma-Kun lolos verifikasi faktual kedua syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan pada Kamis (15/8/2024), meski kontroversi pencatutan KTP ini mencuat.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network