Selain Donald Trump, Ini Deretan Kasus Penembakan terhadap Presiden dan Capres di AS

Qur'anul Hidayat, Okezone
Penembakan terhadap Donald Trump di Butler, Pennsylvania, pada 13 Juli 2024, menambah daftar panjang insiden kekerasan yang menargetkan presiden, mantan presiden, dan calon presiden di Amerika Serikat. (Foto : X/@DonaldTNews)

Gerald Ford

Presiden ke-38 AS, Gerald Ford, menghadapi dua upaya pembunuhan pada tahun 1975. Yang pertama oleh Lynette “Squeaky” Fromme, dan yang kedua oleh Sara Jane Moore. Keduanya gagal dalam upaya mereka dan kemudian dipenjara.

Ronald Reagan

Presiden ke-40 AS, Ronald Reagan, ditembak oleh John Hinckley Jr. pada Maret 1981. Reagan selamat dari penembakan tersebut. Hinckley kemudian dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

George W. Bush

Presiden ke-43 AS, George W. Bush, menghadapi upaya pembunuhan pada 2005 di Tbilisi, Georgia, ketika sebuah granat tangan dilemparkan ke arahnya. Granat tersebut tidak meledak dan Bush tidak terluka.

Robert FKennedy

Calon presiden Robert F. Kennedy dibunuh pada 1968 setelah memberikan pidato kemenangannya di Los Angeles. Pembunuhnya, Sirhan Sirhan, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

George C. Wallace

Calon presiden George C. Wallace ditembak pada 1972, yang menyebabkan kelumpuhan dari pinggang ke bawah. Pelakunya, Arthur Bremer, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Penembakan terhadap Donald Trump adalah peristiwa yang menambah daftar panjang kekerasan yang menargetkan pemimpin dan calon pemimpin di Amerika Serikat. Sejarah ini menunjukkan risiko yang dihadapi para pemimpin politik dalam menjalankan tugas mereka, serta pentingnya keamanan dan perlindungan yang ketat bagi mereka.

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network