Kenapa Hari Bhayangkara Diperingati Setiap 1 Juli? Ini Dia Sejarahnya

Rizky Agustian
Hari Bhayangkara diperingati setiap tanggal 1 Juli sebagai penghormatan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) atas peran dan dedikasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Hari Bhayangkara diperingati setiap tanggal 1 Juli sebagai penghormatan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) atas peran dan dedikasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia. 

Tahun ini, berbagai kegiatan diselenggarakan untuk merayakan Hari Bhayangkara ke-78, dengan puncak acara yang digelar di Monas, Jakarta, pada Senin (1/7/2024).

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengumumkan bahwa acara tersebut akan mencakup upacara dan pertunjukan marching band dari taruna Akademi Kepolisian (Akpol). Selain itu, panggung hiburan juga disiapkan dengan penampilan dari sejumlah artis seperti Isyana Sarasvati, GIGI, RAN, Endah N Rhesa, Ari Lasso, hingga NDX AKA. 

Acara tersebut akan dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, serta Presiden dan Wapres terpilih dalam Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, bersama dengan pejabat negara lainnya. Polri juga menyiapkan 150 booth makanan dan minuman secara gratis untuk masyarakat yang hadir.

Berikut adalah sejarah di balik penetapan tanggal 1 Juli sebagai Hari Bhayangkara:

Awal Mula Kepolisian di Indonesia

Keberadaan polisi di Indonesia dapat ditelusuri sejak masa Kerajaan Majapahit. Pada masa itu, Mahapatih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan bernama Bhayangkara yang bertugas melindungi raja dan kerajaan.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network