Pola Tidur Menentukan Kesehatan Anda! Ini Tanda-tanda Masalah dengan Kebiasaan Tidur

Epul Galih
Ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)

3. Mimpi yang Intens atau Buruk
Mimpi yang intens atau buruk seringkali bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk stres, kecemasan, kondisi kesehatan mental, atau bahkan makanan atau minuman tertentu sebelum tidur. Mimpi buruk atau intens bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda dan bisa membuat Anda merasa lelah atau tidak segar ketika bangun.

Untuk mengurangi kemungkinan mimpi buruk atau intens, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba, seperti menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, menghindari makanan atau minuman yang merangsang sebelum tidur, berlatih teknik relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam, dan menciptakan rutinitas tidur yang teratur.

Jika mimpi buruk atau intens terus berlanjut dan mengganggu kualitas tidur atau kesejahteraan Anda secara keseluruhan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan mental. Mereka dapat membantu mengevaluasi apakah ada masalah kesehatan yang mendasarinya dan memberikan saran atau perawatan yang sesuai. Mimpi yang intens atau buruk secara teratur bisa menjadi tanda adanya ketidakseimbangan emosional atau stres.

4. Nyeri atau Kesemutan
Nyeri atau kesemutan bisa menjadi gejala yang mengganggu saat Anda tidur. Keduanya bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk posisi tidur yang tidak tepat, tekanan pada saraf atau pembuluh darah, gangguan sirkulasi, atau masalah kesehatan tertentu seperti penyakit saraf atau gangguan tulang belakang.

Jika sering merasa nyeri atau kesemutan saat tidur, ini bisa menunjukkan masalah dengan posisi tidur atau masalah kesehatan lainnya seperti sleep apnea. Jika nyeri atau kesemutan terus mengganggu tidur Anda secara teratur, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli terkait untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang sesuai. Mereka dapat membantu menentukan penyebabnya dan memberikan saran perawatan yang tepat. 

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network