RSUD Malingping Lebak Didemo Warga, Diduga Pilih Kasih Pengobatan Pasien

Epul Galih
Ratusan warga yang tergabung dalam ALIANSI RAMPAS (Rakyat, Mahasiswa, Pemuda dan Santri) berunjuk rasa Kamis (4/1/2024) Warga geram pelayanan rumah sakit yang diduga membiarkan pasien dalam keadaan kesakitan. Foto iNews/Epul Galih

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Ratusan warga yang tergabung dalam ALIANSI RAMPAS (Rakyat, Mahasiswa, Pemuda dan Santri) berunjuk rasa Kamis (4/1/2024) Warga geram pelayanan rumah sakit yang diduga membiarkan pasien dalam keadaan kesakitan.

Pantauan di lokasi, aksi berlangsung di sekitar Alun-alun Malingping sekitar pukul 10.00 WIB. Tak lama berselang hujan lebat turun, massa aksi tetap bertahan dengan dikawal petugas kepolisian. Kemudian bergerak ke arah sekitar RSUD Malingping Jalan Raya Saketi-Malingping sambil hujan-hujanan hingga unjuk rasa berakhir.

Dalam orasinya massa merasa tidak puas hati terhadap pelayanan di RSUD Malingping. Menurut pendapatnya penolakan penanganan pasien oleh perawat dengan alasan kelelahan tidak hanya melanggar kode etik keperawatan tetapi juga merugikan pasien yang sedang kesakitan. 


Perwakilan Pihak RSUD Malingping menemui pendemo di Jalan Malingping-Saketi, Kamis (4/1/2024). Foto iNews/Epul Galih

 

Massa menduga terjadi  pelayanan yang buruk dan perlakuan tidak menyenangkan terhadap pasien serta adanya dugaan membeda-bedakan pelayanan antara pasien yang menggunakan jalur umum dan jalur SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). Karena itu, massa menuntut kesetaraan pelayanan umum, SKTM dan BPJS  adalah langkah yang memadai untuk menegakkan keadilan. Selain itu, mereka menuntut untuk mencopot oknum perawat yang diduga telah membiarkan pasien.

Repi Rijali, perwakilan dari Aliansi Rampas, menyatakan kekecewaan terkait proses penandatanganan yang dirasa alot dan ketidakpuasan terkait waktu yang diberikan. Aliansi Rampas memutuskan untuk menarik massa dan melanjutkan aksi di tingkat yang lebih tinggi. 

"Jadi kami tarik massa dan kita akan aksi di tingkat yang lebih tinggi lagi. Kita tetap akan melanjut sampai apa yang menjadi hak masyarakat itu bisa didapatkan. Maka ketika kita ke Provinsi jelas tuntutannya akan bertambah lagi," katanya tegas.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network